Ini Dia 12 Siswa Lolos BJB Kaur

Ini Dia 12 Siswa Lolos BJB Kaur

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Dari 49 peserta ujian seleksi tahap kedua program Bintang Jemput Bintang (BJB) atau kuliah gratis ke luar negeri, hanya 12 siswa yang dinyatakan berhak untuk mengikuti seleksi tahap ketiga di Universitas Padjadjaran Bandung selama satu minggu. Adapun 12 nama yang mendapat nilai terbaik dapat dilihat langsung di pengumuman seleksi BJB di bagian lain halaman ini.

“Pengumuman lengkap hasil BJB bisa dibaca di Harian Bengkulu Ekspress, besok (hari ini), dan SMAN 10 mendominasi kelulusan 12 besar BJB ini,” kata Kepala Dinas Dinas Pendidikan Kaur, Endy Yurizal SP, kemarin (5/3).

Dikatakan Endy, dari 12 orang siswa tersebut nanti akan dikerucutkan lagi menjadi dua orang untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri atau Jerman. Sementara lima orang beasiswa kuliah ke Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, dan Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung. Selain itu, selebihnya akan diikutsertakan program beasisiswa di Provinsi Bengkulu.

“Untuk ke luar negeri itu dua orang, dan 5 orang dalam negeri dan nanti sisanya kita akan ikut sertakan pada penerimaan beasiswa Provinsi Bengkulu,” ujarnya.

Lanjutnya, 12 besar ini nanti akan dilakukan karantina dimulai 10-20 Maret 2019 ini. Setelah itu pihaknya akan mengambil dua besar untuk dikirim ke Jerman. Sebelum berangkat ke Jerman, dua orang siswa tersebut akan diberikan pembekalan, terutama penguasaan bahasa asing.  “Untuk pelepasan 12 siswa yang lulus BJB ke Bandung ini besok (hari ini) dan ini akan dilepas langsung oleh bupati di kantor bupati,” terangnya.

Ditambahkannya, program BJB ini memang sudah termasuk program Bupati Kaur sudah beberapa tahun berturut-turut. Dimana sebelumnya Pemda Kaur telah mengirim beberapa siswa berprestasi untuk sekolah ke luar negeri. Diantaranya Inggris, Amerika dan Jerman.

Juga ia memastikan tidak ada permainan dalam perekrutan para siswa yang akan dikirim nanti. “Dalam seleksi BJB ini memang benar-benar murni dan tidak ada permainan, karena yang meloloskan 12 siswa ini bukan kita. Tapi ini tim dari Bandung langsung,” jelasnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: