PN Tais Pastikan ‘Bebas’ Korupsi

PN Tais Pastikan ‘Bebas’ Korupsi

TAIS, Bengkulu Ekspress - Pencanangan pembangunan zona integritas wilayah \'bebas\' korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM), digelar di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Tais Kelas II, kemarin (27/2). Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati Seluma Suparto MSi. serta Ktua DPRD Seluma Tenno Heika SSos MM. Kapolres Seluma AKBP I Nyoman Mertha Dana SIK dan Kajari Seluma Ali Akbar SH MH.

Ketua PN Tais Arief Karyadi SH MH menerangkan, komitmen untuk mewujudkan WBK dan WBBM melaluĂ­ reformasi birokrasi terutama dalam pencegahan korupsi dan juga sudah dicaangkan Mahkamah Agung(MA). Khusus di Provinsi Bengkulu sudah diterapkan pada 6 Pengadilan Negeri lainnya.

\"Ini bagian dari tahap awal sebelum pengakuan WBK dan WBBM oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemen-PAN RB),\" sampainya.

Dalam upaya membanguan zona integriyas WBK dan WBBM tersebut. Sejumlah langkah telah dilakukan oleh Pengadilan Negeri Kelas II Tais, mulai dari pembenahan dan perbaikan sistem kerja dalam segala unit yang ada di Pengandilan Negeri Tais.

Dengan mendirikan Pelayanan terpadu satu pintu (PTSP), merupakan bagian penting guna mencegah terjadinya pertemuan langsung dengan pencari keadilan. Termasuk untuk mempertanyakan pelayanan sekalipun juga dilaksanakan di PTSP tersebut. \"Ini merupakan wadah agar tidak bersentuhan langsung dengan penegak hukum dan pencari keadilan di PN Tais,\" sampainya.

Dalam Ikrar yang dibacakan seluruh ASN di Pengadilan Negeri Tais, sebagai bentuk komitmen guna mewujudkan \'bebas\' korupsi. Ditambahkan, Pencanangan zona integritas yang merupakan respon atas kritikan para pencarĂ­ keadilan. PN Tais Seluma juga telah menerapkan aplikasi e-Court seperti yang telah di lakukan oleh PN lain di Provinsi Bengkulu, untuk pelayanan hukum bagi pencari keadilan.

\"Sebelum perbaikan integritas adalah predikat untuk berkomitmen untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui reformasi birokrasi terutama dalam pencegahan korupsi,\" sambungnya.

Wakil Bupati Seluma Suparto Msi kepada wartawan menegaskan telah memotori Pencanangan Pembangunan Zona Integritas di Seluma. Sehingga juga bisa diterapkan apa yang sudah dilakukan oleh PN Tais serta komitmen bersama.

Bahkan juga akan di implementasikan di Kabupaten Seluma. \"Ini juga komitmen pemda seluma untuk memberantas korupsi d kabupaten seluma. Diharapkan apa yang sudah dilaksanakan oleh PN Tais Seluma ini bisa menjadi contoh Pemkab Seluma kedepannya,\" singkatnya.(333/prw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: