Siapkan Bantuan, Untuk Kelompok Wanita Tani

Siapkan Bantuan, Untuk Kelompok Wanita Tani

CURUP, Bengkulu Ekspress - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Rejang Lebong menyiapkan bantuan untuk  Kelompok Wanita Tani (KWT). Besaran bantuan tersebut mencapai Rp 100 juta untuk dua KWT yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Hal tersebut dibenarkan Kepala DKP Kabupaten Rejang Lebong, Solahudin.

\"Kita akan anggarkan bantuan Rp 100 juta tahun ini untuk membantu KWT di Kabupaten Rejang Lebong,\"  jelas Solahudin.

Lebih lanjut Solahudin mengatakan, dianggarkannya bantuan tersebut agar KWT bisa mengembangkan usaha pertanian dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah. Untuk mendapatkan bantuan tersebut, setiap KWT harus mengajukan proposal. Setelah diajukan DKP akan melakukan seleksi KWT dari Desa apa yang akan menerima bantuan.

\"Kita seleksi dulu proposal yang diajukan KWT, nanti setiap KWT mendapatkan besaran dana Rp 50 juta,\"  imbuh Solahudin.

DKP juga sudah mengusulkan sebanyak 10 KWT ke Provinsi untuk mendapatkan bantuan, tetapi belum mendapatkan balasan berapa KWT yang diakomodis Provinsi. Yang pasti program tersebut merupakan program ketahanan pangan yang menyasar perempuan yang tergabung didalam KWT. Nantinya jika mendapatkan bantuan kegunaanya bisa bermacam-macam seperti pengadaan bibit ayam kampung atau jenis bibit sayuran. Tujuannya hanya untuk membantu ekonomi penerima bantuan.

\"Bukan hanya membantu perekonomian KWT, tetapi semua keluarganya juga terpenuhi kebutuhan  proteinnya,\" pungkas Solahudin. Tahun lalu, ada 4 KWT yang mendapatkan bantuan tersebut. Yakni KWT dari Desa Rimbo Recap,  Kecamatan Curup Selatan. KWT Desa Suka Datang dan Desa Seguring Kecamatan Curup Utara serta Desa  Kampung Delima Kecamatan Curup Timur.(167)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: