3 Km Irigasi Tersier Rusak

3 Km Irigasi Tersier Rusak

MUKOMUKO,Bengkulu Ekspress - Sekitar 3 Kilometer (Km) lebih jaringan irigasi tersier di wilayah Kabupaten Mukomuko, khususnya di hamparan lahan tanaman pangan mengalami kerusakan.

“Lebih dari 3 kilometer, jaringan irigasi tersier rusak,” sampai Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Heri Prastyono SSTP melalui Kepala Bidang Sarana dan Pra Sarana, Ali Mukhibin SHut.

Tahun 2019 ini,kata Ali, dari usulan perbaikan yang rusak dibutuhkan anggaran mencapai miliaran rupiah. Yang baru direalisasikan untuk perbaikan jaringan irigasi tersier sekitar 700 meter. Sedangkan untuk jaringan irigasi tersier yang rusak dan belum dapat ditangani di APBD murni tahun 2019 ini, pihaknya akan mengusulkan anggaran perbaikan di APBD Perubahan mendatang.

“Kita kembali usulkan di APBD Perubahan, pihaknya khawatir jika irigasi yang rusak tidak segera diperbaiki. Akan mempengaruhi hasil dari tanaman pangan itu sendiri. Ditambah lagi rata-rata kondisi fisik jaringan irigasi tersier yang ada saat ini, masih tanah merah yang sangat rentan jebol dan longsor,”katanya.

Selain itu, lanjut Ali, untuk sekarang ini juga masih ada ratusan hektar sawah milik masyarakat belum ada bangunan irigasi.  “Khusus untuk lahan sawah baru, masih banyak belum ada jaringan irigasi.

Tetapi informasinya, lahan sawah yang belum ada jaringan irigasi dan tidak ada anggaran pembangunan dari APBD. Pihak Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) VII Bengkulu, siap untuk membangunnya,” ungkap Ali.(900)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: