116 Pelamar Relawan Demokrasi Tes Wawancara

116 Pelamar Relawan Demokrasi Tes Wawancara

BINTUHAN,Bengkulu Ekspress - Sebanyak 116 pelamar relawan demokrasi Kabupaten Mukomuko, mengikuti seleksi tes wawancara yang diselenggaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaur. Dalam seleksi yang digelar selama dua hari, Kamis (24/1) dan Jumat (25/1) ini. KPU Kaur hanya akan menetapkan 55 dari 116 yang dinyatakan lolos seleksi. Sebanyak 61 orang diantaranya dinyatakan gugur.

“Di sini kita hanya melakukan tes wawancara saja, dan nanti kita ambil itu hanya 55 orang terbaik saja, sisanya ada 61 orang nantinya gugur,” kata Komisioner KPU Kaur Devisi Teknis Irpanadi SIKom, kemarin (24/1).

Dikatakannya, dalam sesi wawancara kemarin (24/1), KPU baru melakukan tes kepada separuh peserta saja. Sisanya digelar hari ini, Jumat (25/1). Sebelum penetapan nama lulus dan diumumkan Sabtu (26/1), tentunya KPU memilih siapa siapa saja yang berbakat. Mereka yang dapat diharapkan memberikan informasi kepemiluan kepada masyarakat sebelum pemilihan dilangsungkan.  

“Tugasnya mereka para relawan ini sebagai penyambung lidah KPU, prinsip kerjanya sosial, sesuai dengan basis pemilih yang akan ditentukan. Tujuannya tentu agar kualitas pemilu mendatang semakin baik,” terangnya.

Yuhardi MM, Komisioner KPU lainya juga menyampaikan, relawan demokrasi ini nanti diharapkan pula meningkatkan kepercayaan publik terhadap penyelenggara pemilu. Agar masyarakat semakin sadar akan hak pilihnya termasuk terkait dengan pemilu yang yang merupakan tanggung jawab bersama. Juga pihaknya berharap sesuai dengan target nasional partisipasi masyarakat diharapkan di atas angka 75 persen. Nantinya para relawan ini akan diberikan bimtek seputaran tahapan pemilu, sehingga mereka mempunyai dasar untuk menyampaikan kepada masyarakat.

“Di sini ada 11 basis yang menjadi sasaran para relasi, basis ini yang nantinya akan dijadikan tempat mereka menyambung lidah KPU menyampaikan penjelasan terkait dengan pemilu, untuk tugas kita sebar di 15 Kecamatan Kabupaten Kaur ini,” jelasnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: