BPJS Kesehatan Lampaui Target

BPJS Kesehatan  Lampaui Target

CURUP, Bengkulu Ekspress - Hingga akhir tahun 2018 kemarin, BPJS Kesehatan Cabang Curup telah melampau target Universal Health Coverage (UHC) sebesar 95 persen dari total penduduk. Karena capaian BPJS Kesehatan Cabang Curup sudah mencapai 98 persen. \"Alhamdulilah untuk target sebesar 95 persen diakhir tahun 2018 kemarin sudah kita capai bahkan lebih yaitu sampai 98 persen dari target kita sebanyak 544.096 jiwa diempat kabupaten yang menjadi wilayah kerja kita,\" sampai Kepala BPJS Kesehatan Cabang Curup, Syafrudin Imam Negara melalui Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik Marta Kusuma.

Dijelaskan Marta, empat kabupaten yang menjadi wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Curup tersebut, yaitu Kabupaten Rejang Lebong, Lebong, Kepahiang dan Bengkulu Utara. Sementara itu, untuk capaian masing-masing kabupatennya sendiri, menurut Marta, untuk Kabupaten Rejang Lebong dari target sebesar 173.813 jiwa tercapai 173,308 jiwa atau sudah mencapai 99 persen. Kemudian untuk Kabupaten Kepahiang dari target sebeanyak 98.486 jiwa tercapai sebanyak 96.665 jiwa atau terealisasi sebesar 98 persen.

Selanjutnya untuk Kabupaten Lebong dari target 73.702 jiwa terealisasi sebanyak 75.056 jiwa atau terealisasi sebesar 102 persen, sedangkan untuk Kabupaten Bengkulu Utara dari target sebanyak 207.439 jiwa terealisasi sebanya 200.067 jiwa atau sudah terealisasi sebesar 96 persen.

\"Dari empat kabupaten yang ada di wilayah kerja, secara persentase capaian terbesar ada di Kabupaten Lebong yaitu mencapai 102 persen,\" paparnya.

Lebih lanjut Marta menjelaskan, capaian yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Curup tersebut tidak terlepas dari peran serta pemerintah daerah, dimana menurutnya capaian kepesertaan di BPJS Kesehatan Cabang Curup berkat adanya program integrasi yang dilakukan pemerintah daerah terhadap peserta JKN-KIS dari BPJS Kesehatan.

\"Capaian ini tidak lepas dari peran serta pemerintah yang menganggarkan anggaran untuk membayarkan iuran peserta JKN-KIS dari masing-masing kabupaten,\" papar Marta.

Terkait dengan iuran yang ditanggung pemerintah daerah tersebut, menurut Marta untuk Kabupaten Rejang Lebong sendiri ada 22.825 peserta yang iurannya ditanggung oleh pemerintah, kemudian untuk Kabupaten Kepahinag ada sebanyak 14.293 jiwa, selanjutnya untuk kabupaten Bengkulu Utara ada sebanyak 5.371 jiwa sedangkan untuk Lebong ada sebanyak 18.715 jiwa.

Sementara itu, untuk masyarakat yang belum masuk dalam JKN-KIS menurut Marta saat ini masih mereka lakukan pendataan, dimana menurutnya masyarakat yang belum terdaftar dalam program JKN-KIS sebagian besar mereka yang tinggal diperkebunan sehingga mereka mengalami kesulitan untuk melakukan pendataan. \"Sebagian besar yang belum terdaftar adalah mereka yang tinggal dikebun, sehingga kita sulit untuk melakukan pendata,\" demikian Marta.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: