SDN 103 Kota Bengkulu Harapkan Bantuan

SDN 103 Kota Bengkulu Harapkan Bantuan

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Tenaga pendidik di SDN 103 Kota Bengkulu, mengharapkan bantuan buku dan sejumlah alat elektronik untuk proses pembelajaran yang terdampak banjir tersebut. Pasalnya ratusan buku pelajaran dan sejumlah alat elektronik di sekolah ini rusak terkena banjir.

\"Kami sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah. Karena selain buku, peralatan elektronik, seperti dua unit infokus, tipe, printer juga rusak. Kami sangat membutuhkan barang-barang itu,\" ungkap Wakil Kepala SDN 103, Tarmin.

Menyikapi hal itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu belum bisa mengalokasikan anggaran pengadaan buku dan perangkat pembelajaran. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu tidak memiliki anggaran pembelian buku pada 2019 ini.

\"Dikbud tidak memiliki anggaran eksidentil. Jika pun ada pengadaan buku harus melalui proses perencanaan, sedangkan dana alokasi khusus masih diprioritaskan untuk pembangunan fisik,\" ungkap Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Dikbud Drs Zainal Azmi MTPd.

Diakui SDN 103 kota Bengkulu,mengalami kekurangan buku pasca terendam banjir akhir tahun 2018. Buku yang digunakan sebagai sumber literasi, dalam peningkatan mutu pendidikan dapat diatasi dengan cara membeli dengan menggunakan dana Bantuan operasional Sekolah (BOS). Masing-masing sekolah berhak memilih buku dari penerbit mana yang akan mereka pakai.

Solusi lain bisa dilakukan dengan cara meminta bantuan pada orang tua melalui komite atau dapat melakukan penggalangan dana pada seluruh pelajar. Dana yang terkumpul dari pelajar ini dapat disumbangkan ke sekolah yang membutuhkan atau terkena bencana seperti ini. (247)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: