Kades Tuntut Tunjangan Kinerja

Kades Tuntut Tunjangan Kinerja

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress - Forum Kepala Desa Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) menggelar hearing dengan unsur pimpinan dan anggota Komisi I DPRD Kabupaten Benteng, Senin (17/12). Dalam kesempatan itu, Ketua Forum Kades Kecamatan Taba Penanjung, Sultan Mukhlis SH menegaskan, salah satu harapan para Kades ialah diberikannya tunjangan kinerja (Tukir) per bulan.

\"Mengingat Kades memiliki beban kerja yang besar, serta jam kerja yang tak kenal waktu (24 jam,red), kami berharap agar Kades mendapat tunjangan kinerja,\" harap Mukhlis.

Menurutnya, proses penganggaran tunjangan kinerja bagi Kades tentunya tak bisa dilakukan secara sembarangan, melainkan harus dipayungi atau dilandasi dengan Peraturan Daerah (Perda) ataupun Peraturan Bupati (Perbup). \"Karena menyangkut honorarium, tunjangan kinerja bisa diambil dari alokasi dana desa (ADD). Meski begitu, penganggaranya harus berlandaskan Perbup agar uang yang disalurkan tak menyalahi aturan,\" jelas Mukhlis.

Pria yang menjabat sebagai Kepala Desa (Kades) Rindu Hati ini juga menyampaikan, selain mendesak agar DPRD Kabupaten Benteng memperjuangkan tunjangan kinerja Kades, ia juga menginginkan agar Pemda Benteng lebih transparan mengenai asal usul alokasi dana desa (ADD) di setiap desa yang besarannya berbeda-beda.

Tak hanya itu, Kades juga menuntut agar Pemda Benteng bisa mendukung kebijakan-kebijakan yang mengarah kepada kesejahteraan kepala desa (Kades). \"Kami juga berharap agar seluruh Kades diberi jatah kendaraan operasional berupa motor dinas. Sejauh ini, masih banyak Kades yang belum mendapat tornas, padahal mereka berada di wilayah yang sulit dijangkau dengan akses jalan yang belum memadai,\" pungkas Mukhlis.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: