Intake PDAM Kembali Dibangun

Intake PDAM Kembali Dibangun

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Melalui dana yang dikucurkan oleh Pemerintah Pusat, Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tirta Tebo Emas Kabupaten Lebong, di tahun 2019 akan melakukan pembangunan Intake di sumber mata air Kepeteng Kecamatan Rimbo Pengadang.

Direktur PDAM Tirta Tebo Emas Lebong, Drs Sopian Razik, mengatakan bahwa Direktorat jendral (Dirjend) Sumbar Daya Alam, telah memberikan sinyal bahwa akan melakukan pembangunan Intake di sumber mata air Kepeteng.

“Nanti yang akan membangun dari Balai Sungai Wilayah Sumatra (BSWS) VII,” jelasnya, kemarin (14/12).

Akan tetapi dalam pembangunan, pihak Dirjend SDM meminta Pemerintah Kabupaten Lebong, untuk membebaskan lahan dan bendungan sumber mata air dan pipa aliran. Jika hal tersebut tidak dipenuhi, maka pembangunan tidak akan dilaksankan. “Sehingga Pemkab wajib menyediakan hal tersebut,” sampainya.

Nantinya air yang bersumber dari maya air Kepeteng, akan dialirkan ke kawasan talang ratu dan Lebong Selatan. NAntinya dari seumber mata air yang akan dibangun Intake menuju bendungan penampungan air lebih kurang sepanjang 1 kilometer, dengan biaya sebesar Rp 7 miliar dari pusat.

“Sementara Pemkab Lebong nantinya juga memabngun pipa saluran dari bendungan penampungan air menuju masyarakat,” ucapnya.

Dengan kembali dibangunnya intake di sumber mata air Kepetang, maka suplai air bersih kepada masyarakat akan lebih lancar lagi. Untuk itulah, dirinya sangat berharap Pemkab Lebong dan Anggota DPRD Lebong dapat bersama-sama mewujudkan hal tersebut. “Jika tidak ada dukungan maka hal tersbeut tidak akan bisa dibangun,” sampainya.(614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: