Kades Ajak Warga Taat Hukum

Kades Ajak Warga Taat Hukum

MAJE, Bengkulu Ekspress- Dalam rangka membangun kesadaran masyarakat taat pada hukum, Pemerintah Desa Tanjung Agung Kecamatan Maje Kabupaten Kaur bersama Polsek Maje dan Kajari Kaur menggelar sosialisasi hukum kepada masyarakat desa setempat, Selasa (11/12). Dalam acara yang digelar di kantor desa setempat dan dibuka Kades Tanjung Agung, Ahmad Supardi itu diharapkan warga taat lebih taat hukum.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengarahan hukum dengan sejumlah warga, hal ini agar masyarakat mengerti hukum dan taat hukum,” kata Kades saat membuka sosialisasi hukum, kemarin (11/12).

Dikatakan Kades, ia berharap dengan adanya sosialisasi hukum kepada masyarakat tersebut, angka kriminalitas dan pelanggaran hukum di tengah-tengah masyarakat bisa ditekan sekecil mungkin. Ia juga mengajak warganya untuk tertib dan taat terhadap hukum, sebab jika sudah tertib, maka dengan sendirinya kejahatan maupun pelanggaran minim.

“Saya berharap ke depan tidak ada warga berhadapan dengan hukum dan juga diharapkan permasalahan yang timbul dapat segera diambil jalan keluar sehingga tidak menjadi besar dan merugikan orang banyak,” harapnya.

Sementara itu, dalam kegiatan itu hadir pemateri dari Kajari Kaur Kasi Barang Bukti dan Barang Rampasan Kejari Kaur, A. Gufrani SH, yang menyampaikan, sosialisasi ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dan perangkat desa menyelesaikan sengketa hukum secara mandiri tanpa pengadilan. Sebab dengan mediasi dan musyawarah bisa menyelesaikan masalah hukum sehingga tidak terjadi konflik dalam masyarakat.

“Saya berharap melalui kegiatan ini pemahaman masyarakat terkait persoalan hukum akan lebih luas, dan masyarakat tidak main sendiri dan jika ada masalah selesaikan di pemerintah desa dan jangan sampai menjadi besar,” tandasnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: