Petugas BPBD

Petugas BPBD

\"\"Siaga Bencana 24 Jam

KONDISI cuaca ekstrem yang terus melanda Provinsi Bengkulu khususnya Kabupaten Kaur membuat petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaur harus selalu siap. Kepala BPBD Kaur, Ujang Syafiri SPd, mengingatkan, agar petugas BPBD untuk tetap siaga, dan juga diminta masyarakat setiap kecamatan tidak terlelap tidur selama cuaca masih ektrem.

“Cuaca eksrem ini masih terjadi dan rawan pohon tumbang dan longsor, makanya kita selalu minta kepada petugas BPBD agar tetap siaga 24 jam,” terang Ujang, kemarin (29/11).

Dikatakannya, ia mengimbau pengguna jalan yang melintas di jalan raya agar mewaspadai satu titik jalan nasional tersebut yang rawan longsor. Seperti tebing batu yang terletak di Desa Tebing Rambutan selain rawan longsor dan Seranjangan Kecamatan Semidang Gumay, karena daerah ini juga terkenal sangat terjal dan licin. Sehingga sangat berbahaya bagi kendaraan yang melintas ketika turun hujan, terlebih bagi pengemudi yang belum berpengalaman.

“Di daerah ini ada satu titik Jalan Lintas Barat yang rawan longsor, kita mengimbau agar pengendaa lebih waspada saat lewat di jalan tersebut,” himbaunya.

Dikatakannya, selain Tebing Rambutan dan tebing seranjanhan. Juga ada beberapa titik jalan juga kerap terjadi longsor saat turun hujan. Seperti Tebing Jembatan Air Kinal dan Tebing Jembatan Luas dan Muara Sahung. Meskipun begitu, dilokasi itu sudah dipasang rambu-rambu peringatan sehingga pengemudi diharapkan dapat menjadikan pedoman. Terlebih, dalam seminggu terakir ini hujan turun cukup deras. “Kalau sedang musim hujan, longsor bisa saja terjadi, dan material longsor bisa menutupi hampir sebagian besar badan jalan,”ujarnya.

Ditambahkannya, jika nanti terjadi longsor di jalan tersebut, ada alat berat Dinas PU dan PR yang disiapkan untuk menyingkirkan material longsor tersebut. Sebab alat berat siap digerakkan dititik lokasi longsor ketika dibutuhkan. “Kita ada alat berat di PU PR yang selalu siap kalau memang terjadi longsor di jalan tersebut, dan kini alat itu terus siaga,” jelasnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: