Orang Tua Harus Proaktif Awasi Anak

Orang Tua Harus Proaktif Awasi Anak

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress- Ujian semester tinggal hitungan hari lagi, Dinas Pendidikan (Dipsendik) Kaur mengajak sejumlah orang tua untuk proaktif dalam mengawasi dan memberikan bimbingan, dengan anaknya terutama dalam belajar mata pelajaran sekolah. Orang tua meski mampu memberikan pendidikan yang baik kepada anaknya dan sampai sibuk main media sosial, sehingga lupa memberikan bimbingan pendidikan kepada anaknya.

“Peran orang tua itu sangat dibutuhkan terutam asaat dirumah, berikan mereka motivasi dampingi mereka sata belajar, sebab anak-anak butuh perhatian jangan sampai saat santai orang tua sibuk main media sosial,” Kepala Dinas Pendidikan Kaur Three Marnope MTPd belum lama ini.

Menurutnya hal ini tentu merusak tatanan sang anak, melihat orang tuanya sibuk dengan urusannya berselancar dengan dunia maya lalu anak dibelikan pula handpone sehingga keduanya sibuk bermain Hp masing-masing. Alhasil jam terus berjalan sehingga habis waktu anak tak juga belajar orang tua juga mulai mengantuk.

“Ini harus kita hindari, saat bersama berikan arahan dengan anak-anak untuk belajar, tentunya kita juga tak mengajari hal yang baik,”terangnya.

Ditambahkannya, himbauan ini bukan berarti pihaknya melarang orang tua mengakses internet atau berselancar di media sosial. hanya saja sebaiknya diatur jadwal, mana jadwal main game dan mana jadwal belajar. Anak juga tak mungkin kita larang bermain game, namun tentunya juga wajib diberikan arahan jangan sampai mencandu.“Berikan mereka ruang untuk bermain, namun juga tentunya ruang yang paling besar berikan untuk belajar,” tandasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: