APIP Harus Profesional Audit DD

APIP Harus Profesional Audit DD

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress– Kasat Reskrim Mapolres Bengkulu Selatan (BS), AKP Enggarsah Alimbaldi SH SIK mengingatkan agar, Aparatur Pengawas Intern Pemerintah (APIP) di Lingkungan Pemda Bengkulu Selatan dapat bekerja maksil dalam pengawasan kinerja masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) terutama pemerintahan desa.

“ Dalam hal pengawasan kinerja OPD, APIP harus bekerja maksimal,” katanya ketika menjadi nara sumber pada kegiatan pelatihan AIP di aula Inspektorat Bengkulu Selatan, Kamis (22/11).

Oleh karena itu, Enggar meminta APIP dapat menjalankan fungsi pengawasan dengan baik, terutama pengelolaan keuangan, seperti pengelolaan dana desa (DD) oleh pemerintahan desa. Sebab, DD diberikan bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat desa setempat, bukan untuk memperkaya pengelolanya saja.  “ Jika ada laporan terkait dugaan penyimpangan DD, APIP harus segera menindaklanjutinya,” ujarnya.

Enggar menjelaskan, ada beberapa modus operandi oknum tertentu dalam melakukan tindak pidana korupsi diantaranya, menyimpang dari prosedur, mark up, melakukan perbuatan curang, gratifikasi atau suap, penggelapan, pemalsuan dan pemerasan. Oleh karena itu, dirinya juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat di Bengkulu Selatan agar menghindari praktek tersebut. Sehingga budaya korupsi di Bengkulu Selatan benar-benar hilang.

“ Dengan kita menolak budaya korupsi, maka pengelolaan keuangan di Bengkulu Selatan tidak akan menyimpang dari aturan dan sesuai peruntukannya,” terang Enggar.

Kepala Inspektorat Bengkulu Selatan, Hj Diah Winarsih SH mengatakan, adanya pelatihan dan workshop tersebut, untuk memberikan pemahaman kepada seluruh anggota APIP, agar mereka memahami tugas dan fungsinya. Sehingga dapat melakukan fungsi pengawasan secara maksimal.

“ Dengan adanya kegiatan ini, semoga dapat menjadi pedoman bagi APIP untuk menjalankan tugasnya, hingga akhirnya mampu menekan praktek korupsi di BS,” ujar Mbak Win sapaan akrab kepala Inpspektorat Bengkulu Selatan ini. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: