PUSHIDROSAL Bantu Pemprov Bengkulu Mengeksplorasi Perairan Bengkulu

PUSHIDROSAL Bantu Pemprov Bengkulu Mengeksplorasi Perairan Bengkulu

\"pemprov Bengkulu, Bengkuluekspress.com -Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) akan mendukung dan membantu Pemerintah provinsi (Pemprov) Bengkulu dalam mengeksplorasi dan mengeksploitasi perairan Bengkulu, termasuk yang terkandung di dasar lautnya.

Hal tersebut disampaikan Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H. saat mengadakan kunjungan kehormatan ke Kantor Gubernur Bengkulu di Jln. Pembangunan No. 1 Padang Harapan, Bengkulu

Pada Kunjungannya ini Kapushidrosal diterima Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah yang didampingi beberapa pejabat Pemprov.

Menurut kapushidrosal, mengingat provinsi Bengkulu yang sebagian besar wilayahnya berupa laut, pemanfaatan hidrografi dalam pengelolaan laut dan sumber daya alam yang ada di dalamnya sangatlah penting.

Kapushidrosal menyetujui permintaan Plt Gubernur untuk membantu Pemrov Bengkulu dalam kegiatan-kegiatan di bidang kelautan, terutama implementasi hidrografi dalam explorasi dan exploitasi Laut Bengkulu.

“Kita akan membantu Pemprov Bengkulu dalam mengelola perairan yang ada di wilayahnya, yang meliputi survei dan penelitian dan kegiatan hidrografi lainnya dalam bentuk kegiatan yang dikerjasamakan dengan Pushidrosal” kata Kapushidrosal.

Pemimpin Pushidrosal tersebut menambahkan bahwa selama ini masyarakat tahu bahwa hidrografi hanya sekedar peta laut saja, tetapi lebih dari itu, hidrografi adalah kunci gerbang perekonomian dan ujung tombak pertahanan laut suatu negara.

Pada kesempatan tersebut Kapushidrosal, yang didampingi Koorsahli Pushidrosal Kolonel Laut (P) Amril, ST dan Letkol Laut (T) Rudy Salam menjelaskan tentang Pushidrosal sebagai Lembaga Hidrografi Nasional yang berkewajiban untuk menyediakan data dan informasi hidro-oseanografi berupa Peta laut Indonesia (PLI), baik peta kertas maupun Electronic Navigational Chart (ENC) dan Publikasi Nautika untuk keselamatan pelayaran.

Selain itu, juga disampaikan tentang capaian-capaian dari Pushidrosal sesuai dengan tugas, wewenang dan tanggung jawabnya berdasarkan amanah Keppres 164 tahun 1960 dan Peraturan Presiden Nomor 62 tahun 2016. Disamping itu Pushidrosal juga menyampaikan perkembangan kebutuhan dan kemampuan kehidrografian di Indonesia khususnya kapabilitas Pushidrosal.

Ini dimaksudkan agar masyarakat tahu lebih jauh tentang kemampuan dan produk-produk yang dihasilkan oleh Pushidrosal beserta manfaat dan kegunaannya (ril)  (lebih…)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: