Sembilan Lokasi Rawan Banjir dan Longsor

Sembilan Lokasi Rawan Banjir dan Longsor

TAIS,Bengkulu Ekspress - Tingginya curah hujan di Kabupaten Seluma sejak sebulan terakhir, membuat masyarakat Kabupaten Seluma harus meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana banjir dan tanah longsor. Terutama bagi masyarakat yang tinggal di dekat aliran sungai, yang selama ini menjadi langganan banjir. Selain masyarakat di pemukiman, kewaspadaan juga harus ditingkatkan pengguna jalan yang menggunakan kendaraaan. Peringatan ini disampaikan karena dari data BPBD Seluma, sedikitnya ada 9 titik wiliyah di Kabupaten Seluma, rawan terjadi longsor dan banjir .

Pelaksana tugas (Plt) Kepala BPBD Seluma Drs. Muhfian Ahmad, kepada Bengkulu Ekspress kemarin (12/11) menuturkan, lokasi rawan banjir dan longsor itu ada di jalan provinsi di Desa Air Teras, Kecamatan Talo, Desa Padang Pelasan, Kecamatan Air Periukan. Lalu Desa Talang Tinggi dan Air Latak, Kecamatan Seluma Barat. Kemudian Desa Sendawar, Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM). Sedangkan untuk jalan kabupaten yang harus diwaspadai masyarakat yakni jalan Desa Lubuk Resam, Kelurahan Puguk, Kecamatan Seluma Utara.Selanjutnya jalan antara Desa Tanjung Kuaw dan Desa Napal Jungur, serta jalan Desa Cawang, Kecamatan Lubuk Sandi.

\"Kami imbau kepada masyarakat dan pengguna jalan agar hati-hati dan waspada saat melintasi jalan tersebut. Kemungkinan longsor pasti ada, apalagi cuaca ekstrim seperti saat ini,\" imbaunya.

Selain banjir dan longsor, masyarakat dan pengendara juga harus mewaspadai terhadap pohon yang rawan tumbang. Karena angin bertiup kencang bersamaan dengan turunnya hujan yang hampir setiap hari melanda Kabupaten Seluma.\"Kalau bisa usahakan jangan sendirian saat melintasi jalan tersebut. Jika menemui atau melihat ada longsor dan pohon tumbang segera melapor minimal ke desa terdekat, agar cepat ditanggulangi,\" kata Muhfian.

Sebagai antisipasi untuk menanggulangi longsor ini, BPBD Seluma telah berkordinasi ke Dinas PUPR Seluma, untuk menyiagakan alat berat, yang siap digunakan jika terjadi longsor.\"Semua telah kita antisipasi, jika terjadi longsor semua telah siap. Baik alat maupun personel,\" imbuhnya.Terpisah, Kepala Dinas PUPR Seluma M.Saipullah, ST siap menanggulangi jika terjadi longsor di wilayah Kabupaten Seluma.\"Alat kita siaga 24 jam, jika memang diperlukan silakan lapor. Kami siap membantu kapanpun di perlukan,\" sampai M.Saipullah. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: