Janjikan Lulus Tanpa Test, Calo CPNS di Bengkulu Raup Rp 700 Jutaan

Janjikan Lulus Tanpa Test, Calo CPNS di Bengkulu Raup Rp 700 Jutaan

Bengkulu, bengkuluekspress.com - Laporan kasus penipuan calo Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kembali diterima Polda Bengkulu. Kali ini, calo CPNS menipu korbannya dengan iming-iming lulus CPNS dengan jalur tanpa tes. Calo tersebut mampu meraup uang korban bernama Nova Kristiana, warga Kelurahan Pekan Sabtu, Kecamatan Selebar, Kota Bengkulu, sejumlah Rp 763 juta.

Kasus ini bermula pada Juni 2013, terduga pelaku yang masih terbilang kerabat korban menawarkan korban menjadi pegawai CPNS melalui jalur tanpa tes. Korban yang percaya langsung menyetujui hal tersebut karena rekan korban ada juga yang menitip untuk lulus CPNS melalui jalur tersebut.

Selanjutnya, korban dan rekan korban pun memberikan uang itu secara bertahap. Bagi lulusan SMA, membayar dengan budget Rp 80-100 juta. Sedangkan, untuk lulusan D3 Rp 120-135 juta.

Namun, hingga saat ini korban masih belum menerima surat keputusan SKEP) pengangkatan PNS yang dijanjikan. Atas kejadian ini, korban melapor ke Polda Bengkulu untuk menyelesaikannya melalui proses hukum.

Kapolda Bengkulu, Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) Drs. Coki Manurung, melalui Kabid Humas Polda Bengkulu, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Sudarno, menerangkan, memang benar saat ini laporan terkait hal tersebut telah diterimanya. Sesuai ketentuan yang ada, Polda Bengkulu segera memproses kasus ini.

\"Ya kembali kita menerima laporan penipuan CPNS. Untuk itu kembali kami mengimbau agar jangan percaya kepada oknum yang dapat meluluskan CPNS. Itu tidak ada, hanya tipu daya belaka,\" ungkapnya kepada bengkuluekspress.com, (12/11/18).

Tambah Sudarno, meski kasus tersebut terjadi sudah lama, pengidik tetap memproses laporan itu dengan memanggil yang bersangkutan guna memproses secara hukum. Ia pun menuturkan, kasus semacam ini memang kerap terjadi dengan sasaran orang terdekat pelaku. (Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: