CAT CPNS Rejang Lebong  di IAIN Curup

CAT CPNS Rejang Lebong  di IAIN Curup

CURUP, Bengkulu Ekspress - Upaya Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong agar pelaksanaan tes Computer Assisted Test (CAT) tetap di Rejang Lebong, membuahkan hasil. Hal tersebut setelah Badan Kepegawaian Nasional (BKN) menyetujui Rejang Lebong melaksanakan CAT secara mandiri di IAIN Curup.

\"Untuk pelaksanaan tes CAT sendiri, BKN sudah menyetujui tetap dilaksanakan di Rejang Lebong yaitu di IAIN Curup,\" sampai Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Rejang Lebong, Khirdes Lapendo Pasju SSTP MSi saat dikonfirmasi Selasa (25/9) kemarin.

Dalam melaksanakan CAT tersebut, Khirdes mengaku IAIN Curup akan menyiapkan 100 unit komputer untuk dua ruangan. Hanya saja karena diperkirakan jumlah pendaftar CPNS ini akan membludak, maka menurut Khirdes pihaknya akan meminta IAIN Curup untuk menyiapkan sekitar 200 komputer yang akan digunakan untuk CAT.

\"Karena diperkirakan pendaftar akan membludak, maka kita akan meminta IAIN menyiapkan sebanyak 200 komputer, namun kalau tidak bisa minimal 100 komputer sesuai standar BKN,\" jelas Khirdes.

Sementara itu, terkait dengan pelaksanaan CAT sendiri, menurut Khirdes akan dilaksanakan sebanyak dua kali. Sistem CAT tersebut yaitu untuk Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) dan Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) sesuai dengan keahlian bidang masing-masing. Hanya saja untuk SKB, hanya bisa diikuti oleh peserta yang lulus SKD.

Bahkan untuk SKB sendiri menurut Khirdes ada dua macam yaitu dengan sistem CAT dan wawancara.\"PermenPAN memperbolehkan masing-masing daerah untuk melakukan tes wawancara, sehingga nanti kita akan membentuk tim Panselda yang akan melakukan tes wawancara,\" jelas Khirdes.

Terkait dengan pendaftaran sendiri, menurut Khirdes pendaftaran online akan dimulai hari ini sampai 10 Oktober mendatang. Dalam proses pendaftaran sendiri, Khirdes meminta para pendaftar untuk benar-benar teliti karena kesempatanuntuk mendaftar hanya pada satu bidang saja, karena bila salah salam memilih jurusan maka tidak bisa mendaftar pada bidang lainnya.\"Saya juga berharap agar pendaftar bisa mendaftar di awal-awal pembukaan, jangan diakhir-akhir karena khawatir server bermasalah karena banyak yang mengakses,\" sampainya.

Dalam kesempatan tersebut, Khirdes juga mengingatkan agar para pendaftar CPNS tidak tergiur dengan janji-janji oknum yang tidak bertanggungjawab yang menjanjikan kelulusan CPNS dengan syarat membayar dengan sejumlah uang. Karena menurutnya salam seleksi CAT ini hasilnya akan langsung keluar dan tidak bisa dirubah.\"Dalam sistem CAT ini setelah selesai ujian hasilnya akan langsung keluar dan peserta akan diberi print outnya,\" pesan Khirdes.

Dengan sistem tersebut, maka menurut Khirdes akan menutup peluang untuk bermain, sehingga ia meminta masyarakat tidak percaya dengan oknum yang menanwarkan kelulusan dengan membayar sejumlah uang.Untuk diketahui dalam penerimaan CPNS tahun 2018 ini, BKD Rejang Lebong mendapat kuota sebanyak 270 formasi dengan formasi untuk pendidikan sebanyak 170 orang, kemudian untuk tenaga kesehatan sebanyak 76 orang dan tenaga teknis sebanyak 24 orang.

Sedangkan untuk honorer K2, pihaknya masih minta listing dari BKN pusat. Meskipun nanti ada formasi untuk K2 menurut khirdes harus tetap mengacu pada umur dibawah 35 tahun, kemudian lulusa S1 dibawah November 2013. Untuk Rejang Lebong sendiri, menurut Khirdes ada tiga orang sesuai dengan data yang mereka miliki, namun setelah mereka lakukan kroscek ke Kemenpan RB ternyata data untuk Rejang Lebong sudah tidak lagi.\"Untuk data K2, saat ini kita masih melakukan kroscek ke BKN karena untuk data K2 dari Rejang Lebong tidak ada,\" demikian Khirdes.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: