Bendera Raksasa di Bukit Kaba

Bendera Raksasa di Bukit Kaba

CURUP, Bengkulu Ekspress - Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 pada Jumat kemarin (17/8/2018) di Bukit Kaba Kabupaten Rejang Lebong berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kali ini sejumlah tokoh pemuda dan organisasi pencinta alam berhasil mengibarkan bendera merah putih raksasa berukuran 45 x 17 meter.

Bendera merah putih raksasa tersebut dikibarkan di salah satu bukit di kawasan Puncak Gunung Api Kaba yang sering disebut para pendaki sebagai Bukit Gajah atau Padang Masyar.

Pengibaran bendera yang diklaim terbesar di Provinsi Bengkulu tersebut, dilakukan oleh 73 orang dari berbagai organisasi kepemudaan dan pencinta alam yang ada di Bengkulu. Pengibaran dilakukan dengan cara membawa bendera berukuran raksasa tersebut ke puncak bukit. Rangkaian pengibaran tersebut dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan menggelar upacara bendera, pengibaran bendera dilakukan dengan cara membuka bentangan bendara ke bagian bawah bukit diiringi oleh Lagu Indonesia Raya.

Sementara itu, para peserta upacara berada di danau Bukit Kaba yang tengah mengering karena musim kemarau. Selain peserta upacara, terlihat juga para pendaki berada dibibir-bibir danau untuk melihat langsung berkibarnya bendera raksasa tersebut.

Pengibaran Sudah Dirancang Satu Bulan Sebelumnya

Ketua panitia pelaksana, Mahmud Yunus. menyampaikan bahwa rencana pengibaran bendera raksasa tersebut sudah mereka rancang sejak satu bulan lalu. Dengan adanya kegiatan tersebut, ia berharap bisa membangkitkan semangat para pemuda di Bengkulu.

\"Dengan adanya kegiatan ini kita ingin membangkitkan semangat dan menyatukan semangat para pemuda yang ada di Bengkulu ini,\" harap Mahmud.

Dengan bangkitnya semangat para pemuda di Bengkulu tersebut, maka diharapkan para pemuda akan ikut serta dalam pembangunan di Provinsi Bengkulu sehingga Bengkulu semakin maju.

Sementara itu, dipilihnya Bukit Kaba sebagai lokasi pengibaran bendera raksasa tersebut, dikarenakan setiap tahunnya banyak pemuda di Bengkulu yang berkumpul di Bukit Kaba dalam peringatan HUT Kemerdekaan RI. Oleh karena itu pihaknya memanfaatkan momen tersebut untuk menyatukan semangat para pemuda.

\"Kegiatan ini akan kita lakukan setiap tahun, untuk menyatukan dan memupuk semangat anak-anak muda Bengkulu,\" paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan terima kasih kepada sejumlah pihak salah satunya Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong sebagai tuan rumah, yang telah mendukung kegiatan yang mereka laksanakan tersebut.

Jumlah Pendaki Bukit Kaba Lebih Dari 40 Ribu

Sementara itu, berdasarkan pantauan Bengkulu Ekspress, jumlah pendaki yang mendaki ke Bukit Kaba pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 tahun 2018 lebih dari 40 ribu. Para pendaki mulai memenuhi kawasan puncak bukit kaba sejak beberapa hari terakhir hingga pada hari Jumat (17/8) kemarin. Para pendaki mendirikan tenda di sejumlah lokasi, bahkan hampir setiap lokasi di puncak bukit Kaba penuh dengan tenda para pendaki. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: