700 Rumah Tak Layak Huni Diusulkan Dapat Bantuan

700 Rumah Tak Layak Huni Diusulkan Dapat Bantuan

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) mengusulkan bantuan bedah rumah untuk 700 warga yang memiliki rumah tidak layak huni. Ratusan rumah tidak layak huni tersebut dikarenakan masyarakatnya termasuk ke dalam perekonomian rendah atau golongan miskin. Data tersebut berdasarkan survey yang sudah dilakukan Dinsos Bengkulu Utara beberapa tahun terakhir. Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinsos Kabupaten Bengkulu Utara, Suharto.

\"Ada sekitar 700 rumah tidak layak huni tersebar di Kabupaten Bengkulu Utara. Hal tersebut menjadi fokus kita untuk diberikan bantuan bedah rumah,\" jelas Suharto.

Program bantuan bedah rumah tersebut diusulkan melalui APBD dan APBN dengan setiap keluarga penerima bantuan bedah rumah mendapatkan Rp 15 juta. \"Setiap penerima bantuan mendapatkan bantuan Rp 15 juta untuk merenovasi rumahnya,\" imbuh Suharto. Setelah diusulkan, tim dari pusat akan melakukan survei terhadap penerima bantuan tersebut apakah sudah sesuai dengan kriteria yang ditetapkan pemerintah terkait penerima bantuan bedah rumah atau tidak.

Seperti rumah masih terdiri dari bahan kayu, tidak layak huni, rusak berat dan penghasilan keluarga di bawah rata-rata. Sejumlah kecamatan yang diprioritaskan mendapatkan bantuan adalah Kecamatan Arga Makmur, Kerkap, Hulu Palik dan Padang Jaya.\"Ada beberapa Kecamatan yang kita prioritaskan mengingat paling banyak jumlah penerimanya,\" pungkas Suharto.(167)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: