Empat Kopdes Dapat KRPL

Empat Kopdes Dapat KRPL

LEBONG, Bengkulu Ekspress - Sebanyak 4 kelompok desa (kopdes) di Kabupaten Lebong, bakal mendapatkan bantuan program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Masing-masing kopdes mendapatkan Rp 50 juta. Dananya, bersumber dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Lebong Jauhari Candra SP MM mengatakan, program KRPL merupakan salah satu kegiatan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan lahan pekarangan, yang masih dimiliki yang sangat memiliki potensi yang cukup besar dalam membantu perekonomian masyarakat.

“Selain itu dapat menekan kerawanan pangan di Kabupaten Lebong,” jelasnya, kemarin

Adapun 4 kelompok Desa yang akan mendapatkan bantuan dari program KRPL yaitu Kelompok Desa Kota Agung Kecamatan Uram Jaya, Kelompok Desa Muara Aman Kecamatan Lebong Utara, kelompok Desa Bioa Sengok Kecamatan Rimbo pengadang dan Kelompok desa Kampung Muara Aman Kecamatan Lebong Utara.

Dalam program ini, masyarakat memaksimalkan fungsi pekarangan sebagai sumber pangan rumah tangga, dengan mengembangkan pangan lestari di lahan pekarangan masyarakat.  “Nanti bisa memberikan nilai tambah bagi masyarakat yang masuk didalam kelompok,” ujarnya.

Banyak yang bisa dikembangkan dengan memanfaatkan lahan pekarangan yang masih ada, terutama bisa dilakukan untuk menanam berbagai sayuran, baik itu sayur mayur, cabe, tomat serta sayur mayur lainnya yang dapat membantu memenuhi kebutuhan rumah tangga.

“Nantinya hasil pertanian dapat dimanfaatkan dan bisa juga dijual sebagai tambahan penghasilan,” sampainya.

Dimana dalam program ini, setelah dilakukan survei mencari kelompok yang akan mendapatkan bangtuan, didapatlah 4 kelompok desa yang tersebar di 4 Kecamatan yang ada di Kabupaten Lebong. Dimana masing-masing kelompok akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 50 juta yang nantinya dikirim langsung ke rekening kelompok desa. “Bulan ini (Agustus) kita akan menyalurkan bantuan kepada 4 kelompok desa terpilih,” tuturnya.(614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: