5 OPD Jadi Percontohan

5 OPD Jadi Percontohan

BENTENG, Bengkulu Ekspress - Pada tahun 2018 ini, sebanyak 5 (lima) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) menjadi percontohan.Yakni, Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Benteng, Sekretariat DPRD Kabupaten Benteng, Badan Keuangan Daerah (BKD), Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Banrenlitbang) dan Inspektorat Daerah (Ipda).

Kepala Bidang (Kabid) Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Dinas Kominfo Kabupaten Benteng, Lili Kartika MSi menuturkan, kelima OPD tersebut dinobatkan sebagai OPD percontohan karena akan mulai menerapkan absensi sidik jari atau fingger print.

\"Pada tahun 2018 ini, ada 5 OPD yang akan menggunakan absensi fingger print,\" kata Lili.

Lebih lanjut Lili menuturkan, pemasangan absensi fingger print dilakukan untuk meningkatkan kinerja para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemda Benteng, terutama dari segi disiplin.\"Dengan fingger print, ASN yang datang terlambat atau bahkan membolos akan terpantau secara jelas. Diperkirakan, pemasangan fingger print akan dilakukan pada bulan Agustus ini sembari menanti rampungnya pemasangan jaringan internet dari Telkom,\" tandasnya.

Menurut Lili, saat ini hampir sebagian besar OPD memang masih menggunakan absensi manual. Hal ini tentu saja memberikan celah bagi OPD untuk menyampaikan daftar kehadiran yang tidak sesuai dengan fakta di lapangan. Terlebih lagi, absensi ASN merupakan salah satu indikator penyaluran tambahan penghasilan pegawai (TPP) yang disalurkan setiap bulan.

\"Semakin banyak PNS tak hadir ataupun datang terlambat, maka akan semakin besar pula pemotongan nilai TPP,\" tandasnya.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: