Pendaftaran CPNS Dibuka Juni

Selasa 13-03-2018,12:17 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

JAKARTA, Bengkulu Ekspress - Ini kabar gembira bagi putra-putri Provinsi Bengkulu yang ingin mengkuti tes menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Sebab, pendaftaran CPNS 2018 akan digelar Juni mendatang. Sedangkan pengumumannya dimulai Mei.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Ketua Panitia Seleksi Nasional (Panselnas), Bima Haria Wibisana mengatakan, sebenarnya pihaknya ingin membuka pendaftaran lebih awal, namun terlalu riskan bila dilaksanakan sebelum pilkada. Karena bisa saja pengadaan CPNS ini dijadikan bahan politisasi calon kepala daerah atau incumbent.

\"Sebenarnya pemerintah ingin seleksi CPNS lebih cepat. Cuma terlalu riskan kalau digelar sebelum Pilkada,\" ujar Bima di Senayan, Senin (12/3).

Ia menyebutkan, sesuai jadwal rekrutmen CPNS yang disusun, penetapan formasi mulai April hingga Mei. Pengumuman dibukanya pendaftaran CPNS dilaksanakan Mei. Sedangkan pendaftaran secara online dimulai Juni hingga Juli.

Rencananya, lanjut Bima, pendaftaran yang pertama dibuka adalah untuk sekolah-sekolah kedinasan. Sedangkan jalur umum usai Pilkada.

\"Usai mencoblos, langsung kami buka pendaftarannya. Karena sudah ada keterkaitan dengan pilkada lagi,\" terangnya.

Sama seperti tahun lalu, waktu pendaftaran tidak serentak. Setiap instansi berbeda-beda tergantung kesiapan instansi serta cepat tidaknya penetapan formasi.

Terkait pengangkatan honorer kategori 2 (K2), Bima menegaskan, tetap mengikuti prosedur umum. Di mana mereka harus tetap tes dan usianya di bawah 35 tahun.

\"Ya harus tes dong. Kalau enggak tes nanti lulusan S1 fresh graduate yang pintar-pintar akan iri. Karena mereka dites, sementara honorer K2 tidak dites,\" tandasnya.

Sementara itu, usulan penerimaan CPNS dari seluruh Pemda di Provinsi Bengkulu mencapai  7.158 CPNS. Jumlah tersebut terbagi di 9 kabupaten, 1 kota dan 1 pemerintah provinsi.

Sebelumnya, Plt Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA juga mengakui bahwa pihaknya dan Pemda kabupaten/kota sudah menyampaikan usulan formasi CPNS 2018. Hal itu dikarenakan seluruh pemda masih sangat membutuhkan CPNS. Mengingat selain sudah ada yang berhenti karena meninggal, juga tidak sedikit yang sudah pensiun atau pindah ke provinsi lainnya.

Pegawai yang dibutuhkan mayoritas guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis dan sejumlah tenaga ahli lainnya. (esy/jpnn/**)

Tags :
Kategori :

Terkait