Pengawas Sekolah Kurang Tanggap

Selasa 29-01-2013,14:18 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

KEPAHIANG, BE-Pengawas Sekolah di Kepahiang diminta serius melakukan penilaian pelaksanaan Evaluasi Diri Sekolah (EDS). Pasalnya, kini pengawas sekolah dianggap kurang tanggap dalam melihat persoalan tersebut. Dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dikpora) Kepahiang, Mansori SH MH pihaknya mengharapkan peran aktif pengawas dalam menyikapi EDS tersebut.

\"Kita mengharapkan pengawas sekolah bisa melakukan monitoring ke sekolah-sekolah soal EDS ini. Karena kini pengawas kami nilai kurang tanggap mengenai masalah ini,\" ujar Kepala Mansori.

Dikatakannya, EDS di tiap sekolah menjadi tanggung jawab kepala sekolah. Pelaksanaannya dilakukan oleh Tim Pengembang Sekolah (TPS) yang anggotanya termasuk dari unsur Pengawas Sekolah. Karena itu, dalam melakukan tugasnya, pinta Mansori, pengawas harus memberikan masukan mengenai instrumen EDS kepada sekolah. EDS sendiri dirancang  khusus untuk digunakan TPS dalam melakukan penilaian kinerja sekolah dengan 8 kriteria Standar Nasional Pendidikan (SNP).

\"Memang TPS sendiri tidak hanya pengawas saja, ada kepala sekolah, guru, komite sekolah, orang tua peserta didik, dan tokoh masyarakat atau tokoh agama setempat. Tetapi harapan kita pengawas bisa berperan maksimal dalam EDS ini, agar memberikan  masukan dan dasar penyusunan Rencana  Pengembangan Sekolah (RPS) dalam upaya peningkatan kinerja sekolah,\" jelasnya.

Menurutnya, terkait EDS tersebut pihaknya mematok target pada akhir tahun 2013 nanti bisa mencapai standart 2,0. Sementara kini, EDS di Kepahiang sudah mencapai target 1,6.(505)

Tags :
Kategori :

Terkait