Bimtek, Kibar Bangun Desa Mandiri

Selasa 25-07-2017,11:53 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Kerja Independen Bersama Rakyat Nasional (KibarNas) Provinsi Bengkulu bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kaur, Polres dan Kejari mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) menuju desa yang mandiri bagi seluruh Kades se-Kabupaten Kaur. Kegiatan ini dimulai dari tanggal 24 sampai 29 Juli 2017 ini dipusatkan di Hotel Zalfa Desa Kepala Pasar Kecamatan Kaur Selatan, Senin (24/7).

“Bimtek yang kita gelar adalah bentuk kepedulian dari kita kepada Kades di Kaur, kegiatan ini tidak lain untuk menambah wawasan serta pengetahuan baik mengenai hukum, dan pengelolaan dana desa (DD,” kata Ketua Kibar Nasional MJ Anton Hilman SE, dalam sambutanya kegiatan Bimtek di aula hotel Zalfa, kemarin (24/7).

Dikatakannya, Bimtek yang mengambil tema “Membangun Desa Mandiri” ini untuk memperteguh capaian tujuan pembangunan melalui penguatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) pemerintahan dan masyarakat desa Kaur khususnya. Dengan kegiatan ini untuk menjadikan wawasan baik itu mengenai hukum dan wawasan para Kades. Dengan wawasan bertambah maka dalam pengelolaan DD yang ada saat ini bukan sedikit, mengingat begitu maka dengan SDM yang ada di desa semakin maju maka untuk hal-hal yang tidak diinginkan tidak akan terjadi. Sebaliknya apabila SDM di desa tersebut kurang maka semuanya akan terjadi hal tersebut harus dipertangungjawabkan tentunya.

“Untuk mewujudkan desa mandiri bukanlah pekerjaan yang mudah, tapi bukan juga mustahil dilakukan dan terwujud. Tapi membangun desa mandiri itu adalah tujuan utama kita,” ujarnya.

Lanjutnya, untuk mewujudkan tujuan desa mandiri itu, diperlukan komitmen dari semua pihak terkait dengan membangun desa, baik itu pemerintah, perguruan tinggi LSM yang profesional, dan masyarakat desanya itu sendiri. Juga pembinaan dan pendampingan harus dilakukan secara terkoordinasi, terprogram dan sistematis dengan kompetensi SDM yang memadai.

“Saya berharap dengan adanya Bimtek ini Kades memahami cara membangun desa mandiri, dan sesuai dengan program pemeritah selama ini,” jelasnya. Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kaur Hendris SE MM yang membuka secara resmi acara tersebut menyampaikan, ia meminta kepada para Kades untuk mengikuti kegiatan Bimtek tersebut. Karena dengan mengikuti Bimtek wawasan serta pengetahuan yang didapat dari kegiatan tersebut akan sangat berguna. Selain itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Kibar Nasional yang telah bersedia memberikan pembelajaran atau pelatihan kepada Kades se-Kabupaten Kaur.

“Dengan Bimtek tentunya Kades akan lebih paham baik mengenai hukum, administrasi hingga yang lainnya, sehingga sumber daya yang ada di desa makin bagus dan bisa maksimal dalam pengelolaan DD,” tutupnya. Kegiatan Bimtek yang digelar sekitar pukul 10.00 WIB di aula Hotel Zalfa Desa Kepala Pasar Kecamatan Kaur Selatan itu, dihadiri oleh Kapolsek Kaur selatan, perwakilan Kejari Kaur, Danramil, Kemenag Kaur serta Peserta Bimtek dari dua kecamatan Kinal dan Tanjung Kemuning. (618)

Tags :
Kategori :

Terkait