Mahasiswa Unib Ciptakan Aplikasi BESAR

Selasa 18-07-2017,11:30 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

Perkenalkan Bangunan Bersejarah

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Mahasiswa Universitas Bengkulu (UNIB) berhasil membuat sebuah aplikasi yang diberi nama Bengkulu Storyline With Augmented Reality (BESAR). Dalam aplikasi tersebut, seluruh masyarakat dapat melihat gambar bangunan bersejarah di Provinsi Bengkulu dengan teknologi 3 Dimensi (3D).

Adapun mahasiswa yang berhasil membuat aplikasi Besar yaitu Adi Yulianto sebagai Ketua, Tommy Alexander Tambunan, MS Okriyanto ketiganya dari mahasiswa Fakultas Teknik Informatika dan satu lagi seorang wanita bernama Fifi Sulastri.

Dengan keberhasilannya membuat aplikasi 3D untuk melihat bangunan bersejarah di Provinsi Bengkulu ini, mereka memiliki peluang untuk bisa mengikuti perlombaan yang di adakan oleh pihak Dikti ke tingkat Nasional.

Adi Yulianto bersama ke tiga orang temannya menjelaskan bahwa awal keberhasilan mereka membuat aplikasi ini yaitu adanya program tahunan dari pihak Dikti yang mencari mahasiswa yang memiliki kelebihan tersendiri. Dimana pihak Dikti membuat program yang bernama Program Kreatifitas Mahasiswa yang terdiri dari pengabdian masyarakat, wirausaha, penelitian, teknologi dan karsa cipta. \"Karena kami dari TI, kami mencoba ikut dibidang teknologi dan Alhamdulillah proposal yang kami ajukan diterima oleh Dikti,\" jelasnya, kemarin (17/7).

Dengan diterimanya proposal diajukan, akhirnya ke 4 mahasiswa UNIB ini mendapatkan biaya dari pihak Kemenristek Dikti untuk membuat aplikasi tersebut dan juga mereka memiliki kesempatan untuk menjelaskannya kepada pihak Dikti atas hasil karya yang telah berhasil mereka buat. \"Besok (hari ini) akan dilakukan monef, apabila hasil karya kami ini diterima dan berhasil lolos, maka kami mempresentasikannya di tingkat Nasional,\" ujarnya.

Dalam aplikasi ini, nantinya akan mendapatkan kemudahan atau bantuan ketika ingin melihat rincian dari bangunan bersejarah yang ada di Provinsi Bengkulu, sebelum melihat asli dari bangunan dengan bangunan 3D yang tidak jauh berbeda dengan aslinya.

\"Dengan adanya aplikasi ini, kami berharap bisa mempromosikan wisata yang ada di Bengkulu,\" sampaiannya.

Ditambahkan mereka, untuk bisa melihat bangunan bersejarah di Bengkulu caranya cukup muda. Dimana, masyarakat yang memiliki Smart Phone hanya perlu menginstal aplikasi dengan membuka website yaitu http:/besarpkmt.wixsite.com/pkm-t-besar-unib. Setelah membuka website tersebut, tinggal mengikuti petunjuinya untuk mendownload dan menginstal aplikasi. \"Itu website yang bisa dibuka untuk mendapatkan aplikasi yang kami buat,\" ujarnya.

Setelah berhasil di Instal, nantinya kamera handphone akan aktif dan selanjutnya kamera langsung diarahkan ke gambar atau brosur bangunan bersejarah yang telah ada. Dimana untuk gambarnya telah dimasukan ke dalam website. Sehingga masyarakat tinggal di print atau cukup mengarahkan hp nya ke layar komputer atau laptop masing-masing yang mana gambar yang tersedia yaitu masjid Jamik, Benteng Marlborough, Tugu Thomas Parr dan Rumah Pengasingan Sukarno. \"Nanti akan terlihat gambar 3D dari bangunan,\" tuturnya.

Dari gambar nantinya, pemilik aplikasi BESAR, bisa melihat secara detail bentuk dari bangunan, baik dari luar maupun dalam bangunan. Selain itu pemilik aplikasi juga bisa mengetahui sejarah dari bangunan karena juga disediakan rincian dari bangunan sehingga masyarakat bisa lebih mengetahui bangunan tersebut. \"Cukup mengelik lambang yang ada di aplikasi, maka akan muncul penjelasan dari bangunan yang dilihat,\" ujarnya.

Memang dalam aplikasi ini, hanya bisa digunakan untuk melihat bangunan yang telah disediakan oleh pembuat aplikasi yang saat ini masih 4 bangunan. Namun Adi dan kawan-kawan mengatakan bahwa selanjutnya, dengan aplikasi ini masyarakat tidak perlu lagi melihat dengan gambar yang telah mereka buat, melainkan ketika berkunjung ketika mengarahkan kamera, nantinya akan mendapatkan penjelasan dari gedung yang sedang diambil.

\"Tetapi harus ada aplikasi BESAR yang kami buat,\" jelasnya.(614)

Tags :
Kategori :

Terkait