Harga Sembako Mulai Naik, Tipidter Polres Rejang Lebong Pantau Pasar

Rabu 10-05-2017,09:40 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

CURUP, Bengkulu Ekspress- Mendekati bulan suci Ramadan 1438 hijriah tahun 2017 ini. Harga sejumlah kebutuhan pokok di Kabupaten Rejang Lebong mulai mengalami kenaikan. Berdasarkan pantauan Bengkulu Ekspress, sejumlah bahan pokok yang sudah mengalami kenaikan tersebut seperti bawang putih yang saat ini diharga Rp 48 ribu per Kg dimana sebelumnya diharga Rp 38 ribu per Kg.

Kemudian harga ayam potong saat ini sebesar Rp 32 ribu per Kg dari sebelumnya Rp 30 ribu per Kg. Kenaikan harga juga terjadi dalam pada garam kemasan, dimana saat ini harga satu bungkus garam sebesar Rp 2.300 padahal sebelumnya hanya sebesar Rp 1.800 per Kg.

Kemudian harga asam jawa yang sebelumnya hanya Rp 30 ribu per Kg namun saat ini sebesar Rp 40 ribu per Kg. Kemudian gula merah naik menjadi Rp 20 ribu dari sebelumnya Rp 18 ribu per Kg. \"Kami kurang tau pasti kenapa harga ayam ini naik, karena dari pemotongannya sudah naik,\" aku Rubiatun (52) salah satu pedagang ayam potong di Pasar Atas Kota Curup.

Sementara itu untuk bawang putih sendiri, menurut Yanton (50) pemilik gudang bawangdi Pasar Atas, saat ini harga bawang putih memang tengah melambung, bahkan terjadi diseluruh daerah di Indonesia. Meskipun di Kota Curup mengalami kenaikan, namun dibandingkan dengan daerah lain, harga bawang putih di Kabupaten Rejang Lebong masih terbilang rendah, karena di daerah lain menyentuh harga Rp 70 ribu per Kg. \"Kalau untuk harga sembako lainnya saat ini masih stabil, belum ada kenaikan,\" terang Yanto.

Sementara itu, untuk komoditas daging sendiri, saat ini harga daging di pasar yang ada di Kota Curup masih stabil diangka Rp 120 ribu per Kg, baik daging sapi maupun daging kerbau. Kemudian untuk tulang seharga Rp 70 ribu per Kg, hati dan jantung sapi Rp 100 ribu per Kg serta tetelan sebesar RP 50 ribu per Kg. \"Kalau hingga saat ini harga daging masih stabil, namun tidak menutup kemungkinan akan naik saat mendekati puasa nanti,\" jelas Sujai(48) pedagang daging di Pasar Atas Kota Curup.

Sementara itu, untuk sayuran. Menjelang puasa sejumlah harga sayuran ditingkat pedagang juga mulai mengalami kenaikan, sejumlah sayur yang mengalami kenaikan tersebut seperti tomat saat ini dihargai Rp 6 ribu per Kg. Kemudian Cabai saat ini sudah menyentuh angka Rp 40 ribu per Kg padahal sebelumnya pernah mencapai Rp 20 ribu per Kg.

Disisi lain, untuk memantau harga sembako di Kabupaten Rejang Lebong, tim dari Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Sat Reskrim Polres Rejang Lebong melakukan pemantauan terhadap harga sembako di Kota Curup.

\"Sejumlah lokasi sudah kita datangi termasuk minimarket dan sejumlah pasar sudah kita cek, namun harga sembako saat ini masih normal meskipun ada sebagian yang mengalami kenaikan,\" terang Kapolres Rejang Lebong, AKBP Napitupulu Yogi Yusuf SH SIK melalui Kanit Tipidter Ipda Bayu Heri P.

Diungkapkan Bayu, untuk memastikan harga sembako di Kabupaten Rejang Lebong tetap stabil, keepannya jajaran Polres Rejang Lebong akan terus melakukan pemantauan harga sembako bahkan hingga lebaran nanti.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait