Pemkot Bengkulu Bangun ‘Jembatan Siti Nurbaya’

Jumat 06-01-2017,09:50 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

Jadikan Ikon Wisata Kota Bengkulu

BENGKULU, BE - Dinas Pekerjaan Umum Kota Bengkulu akan mengganti jembatan yang ada di kawasan Jalan Sedap Malam, Pantai Panjang atau yang mengarah ke arah kolam renang Rafflesia di belakangan Polsek Ratu Samban. Bahkan jembatan tersebut dibangun mirip dengan jembatan Siti Nurbaya di Kota Padang, sehingga akan menambah ikon wisata di Kota Bengkulu.

\"Kita ingin mengedepankan daerah Pantai Panjang benar-benar daerah pariwisata,\" ujar Pelaksana Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bengkulu, Syafriandi MSi, kemarin.

Nantinya jembatan tersebut akan diganti dengan konsep jembatan kable sling yang akan terlihat sangat mewah dan indah.

Dijelaskannya, jenis jembatan ini kabel-kabel berkekuatan tinggi seperti baja dan rangka beton sebagai penggantung yang menghubungkan gelagar dengan menara. Selain itu, juga akan dipasang lampu-lampu taman yang dijejerkan di setiap sisi jembatan yang hampir serupa dengan Jembatan Siti Nurbaya di Kota Padang sehingga area sekitar akan diterangi dengan cahaya kuning.

\"Jadi disamping jembatan itu tetap kita buatkan trotoar untuk pejalan kaki atau tempat masyarakat berfoto-foto sehingga tidak menganggu arus lalu lintas,\" jelas Andi sapaan akrabnya.

Tak hanya di kawasan Pantai Panjang, pihaknya juga akan merombak kembali jembatan di kawasan Padang Serai agar jembatan tersebut menjadi lebih representatif dan indah sehingga menjadikan ikon di kawasan tersebut.

Sementara untuk merealisasikan hal tersebut Dinas PU membutuhkan anggaran sebesar Rp 35 miliar yang sudah disesuaikan dalam beban APBD 2017.

\"Jembatan-jembatan lainnya juga kita perhatikan, tapi tidak diprioritaskan seperti 2 jembatan ini, melainkan hanya untuk dilakukan perbaikan dan perawatan,\" bebernya.

Lanjut Andi, hal ini juga dilakukan untuk mewujudkan program Pemkot Bengkulu-ku Indah sehingga perubahan tak hanya terpusat di tengah kota saja, tetapi juga kawasan-kawasan yang berpotensi untuk memancing daya tarik masyarakat. Bahkan pihaknya optimis bahwa jembatan tersebut akan sangat ramai dikunjungi masyarakat lokal maupun luar daerah untuk mengabadikan moment saat berkunjung ke Kota Bengkulu.

\"Kita berharap ketika orang mau ke Pantai Panjang mereka harus mampir ke jembatan ini. Makanya kita buat konsep jembatan yang lebih arsitektur,\" tutupnya. (805)

Tags :
Kategori :

Terkait