Pertamina Luncurkan Elpji Bright Gas, PNS Diimbau jadi Pengguna Pertama

Kamis 27-10-2016,09:20 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

  BENGKULU, BE - Guna mengatasi lonjakan penggunaan elpiji gas 3 kg bersubdisi atau gas melon, PT Pertamina (Persero) kembali meluncurkan elpiji produk baru. Elpiji bernama bright gas 5,5 kg non subsidi, didistribuskan untuk masyarakat Provinsi Bengkulu mulai besok (hari ini).

\"Mulai besok (hari ini,red), bright gas 5,5 kg non subsidi akan kita didistribusikan di Bengkulu,\" terang Sales Eksekutif LPG I Jambi-Bengkulu, Parrama Ramadhan kepada BE, kemarin.

Dikatakannya, setidaknya ada sekitar 400 ribu tabung elpiji berwarna pink siap didistribusikan kepada 5 agen PT Pertamina yang ada di Provinsi Bengkulu. Jika nanti, 400 ribu tabung kurang, maka akan kembali ditambah sekitar 200 hingga 500 ribu.

\"Berapa permintaan masyarakat akan kita penuhi. Karena elpiji bright gas ini berbeda dengan elpiji 3 kg subsidi. Dimana untuk elpiji subsidi akan didistribusikan melihat kuota yang sudah disiapkan,\" tambahnya.

Elpiji bright gas 5,5 kg ini dihargai Rp 320 ribu, untuk setiap tabung yang telah terisi gas elpiji. Namun jika untuk pengisian ulang, masyarakat cukup membelinya dengan harga Rp 60 ribu pertabung.

\"Jika masyarakat ada yang ingin berpindah dari elpiji 3 kilo ke bright gas, maka cukup menukarkan 2 tabung kosong dan uang Rp 120 ribu, kita akan berikan satu tabung bright gas beserta isinya,\" beber Parrama.

Pendistribusian awal ini akan dilakukan di Kota Bengkulu. Setelah banyak distribusi lancar di kota, maka untuk kabupaten lain juga berangsur untuk didistribusikan.

\"Sasaran utamanya elpiji bright gas ini, untuk mini market, usaha mandiri, lestoran, ibu-ibu PNS, hotel dan lainnya,\" ungkapnya.

Warna Pink

Elpiji bright gas 5,5 kg, dengan berat tabung 7,1 kilo dan total berat 12,6 kg ini, memiliki kelebihan, aman, hemat dan ringan. Selain itu, tabung elpiji ini juga berwarna pink. Parrama mengatakan tabung tersebut memang sengaja berwana pink, karena warna tersebut banyak diminati oleh ibu-ibu rumah tangga. \"Sengaja memang kita pilih pink, karena hasil survey, warna ini lebih disukai ibu-ibu. Jadi lebih menarik dilihat sebagai hiasan dapur,\" jelas Parrama.

Disisi lain, Ketua DPC Hiswana Migas Provinsi Bengkulu, H Agus Anzari SE mengatakan, agen elpiji yang ada di Provinsi Bengkulu nanti bisa memanfaatkan pangkalan-pangkalan untuk mendistribusikan elpiji bright gas 5,5 kg.

\"Pangkalan distribusi 3 kilo nanti juga kita minta untuk membantu mendistribusikan. Sehingga lebih mudah masyarakat untuk mendapatkannya.

PNS Diimbau

Untuk pemakaian awal, PT Pertamina yang berkerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu, mengimbau semua PNS Pemkot untuk menggunakan elpiji bright gas 5,5 kg. Hal ini dilakukan sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat.

\"Kita nanti minta dengan Pak Walikota untuk membuat imbauan kepada PNS untuk menggunakan elpiji bright gas ini. Sifatnya bukan kewajiban tapi lebih kepada perkenalan saja,\" terang Pelaksana tugas (Plt) Kadisperindag Kota Bengkulu, H Kwatrin Kesuma.

Kwatrin juga menjelaskan, produk baru Pertamina ini nanti dapat memudahkan masyarakat dalam untuk mendapatkan elpiji. Sehingga masyarakat dapat memilih atas banyaknya modal elpiji. \"Semain banyak pilihan akan semakin bagus. Jadi masyarakat tidak perlu kuwatir dalam mengunakan elpji ini,\" pungkasnya. (151)

Tags :
Kategori :

Terkait