Ingin Tahu Cara Kerja Wartawan, Mahasiswa Komunikasi Unib Kunjungi BE

Sabtu 17-09-2016,13:13 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Sebanyak 40 orang lebih mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Bengkulu (UNIB), hari ini, Sabtu, (17/09/2016), mengunjungi Graha Pena Bengkulu Ekspress, di Jl. Jati No. 129 Simpang Skip, Kota Bengkulu.
Kunjungan para mahasiswa ini  merupakan bagian dari salah satu rangkaian kegiatan   pihak akademik dalam menyambut para mahasiswa baru (Maba) dari jurusan komunikasi Universitas Bengkulu (UNIB). Sedangkan  tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memperkenalkan seperti apa dan bagaimana dunia jurnalistik itu lebih jauh terhadap mahasiswa baru.
\"Hal ini sangat penting, mengingat di jurusan Ilmu Komunikasi Unib ini nantinya mahasiswa akan diberi kesempatan untuk memilih dan menentukan minatnya terhadap ilmu jurnalistik itu sendiri, baik dalam hal terkait hubungan masyarakat maupun ilmu komunikasi politik, sehingga para mahasiswa baru ini mendapatkan bekal untuk mengambil peminatan Jurnalistik sesuai minatnya, \"ujar Iyud Dwi Mursito, Wakil Pimpinan Redaksi Harian Bengkulu Ekspress.
Dalam kunjungan tersebut salah seorang mahasiswa Felia menanyakan  mengenai apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang wartawan, mengingat ketertarikan untuk menjadi wartawan setelah menempuh pendidikan nantinya.
Menjawab pertanyaan mahasiswa ini  Iyud Dwi Mursito, mengatakan bahwa menjadi wartawan itu tidak mudah, karena  terkadang seorang wartawan harus merelakan waktu untuk selalu stand by untuk bekerja tanpa mengenal waktu.
\"Untuk menjadi seorang wartawan, kita harus memiliki wawasan dan skill yang mumpuni, agar dapat berkomunikasi dengan baik, agar keterangan dan penjelasan apa yang kita inginkan dari narasumber dapat secara mudah di mengerti. Selain itu, seorang wartwan juga  harus memiliki link yang luas, menjalin hubungan baik terhadap pusat informasi atau pun para narasumber, sehingga dapat mengetahui informasi dengan cepat, \"ungkapnya.
Selain mendapat penjelasan tentang cara kerja wartawan media cetak, mahasiswa juga  mendapatkan penjelasan mengenai bagaimana cara kerja dari media online dalam hal ini media online yang tergabung dalam Bengkulu Ekspress Grup, yaitu www.bengkuluekspress.com.
Untuk penjelasan mengenai media online, calon jurnalis Bengkulu ini mendapatkan penjelasan langsung dari Direktur PT Media Online Bengkulu yaitu perusahaan yang menaungi  bengkuluekspress.com.
Menurut Fino, secara sistem cara kerja dari wartawan media online  itu sama dengan media cetak pada umumnya. hanya saja, yang membedakannya itu mungkin terlebih pada penyajian berita di media online haruslah secara real time, dan akurat.
\"Saat ini bengkuluekspress.com sudah memiliki aplikasi mobile yang bisa didownload langsung di Play Store Android.\" pungkasnya. (One)
Tags :
Kategori :

Terkait