Salat Gerhana Dipusatkan di Masjid Agung Curup

Rabu 02-03-2016,10:20 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

CURUP, BE - Fenomena alam gerhana matahari yang akan berlangsung pada 9 Maret mendatang, disambut dengan Salat Sunah Gerhana Matahari oleh Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong. Pelaksanaan salat sunah gerhana matahari di Rejang Lebong akan dipusatkan di Masjid Agung Baitul Makmur Kota Curup.

\"Untuk jajaran Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong akan dilaksanakan di Masjid Agung Baitul Makmur, dan akan dimulai pada pukul 07.00 WIB, Rabu pagi,\" ungkap Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Rejang Lebong, Drs HM Ch Naseh MEd.

Selain jajaran Pemkab Rejang Lebong, Naseh juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Rejang Lebong untuk melaksanakan salat sunah gerhana matahari di masjid-masjid tempat tinggal masing-masing.

Lebih lanjut Naseh menjelaskan, berdasarkan rapat bersama dinas intansi terkait lainnya di ruang rapat Kemenag Rejang Lebong, Selasa (1/3) sore kemarin. Untuk jajaran PNS Pemkab Rejang Lebong, undangan salat sunah gerhana matahari akan dikeluarkan langsung oleh Bupati Rejang Lebong DR (HC) H A Hijazi SH MSi. Undangan langsung dilakukan bupati mengingat pada hari Rabu 9 Maret mendatang merupakan hari libur nasional, sehingga dikhawatirkan banyak PNS yang tidak hadir.

\"Nanti undangan untuk SKPD akan dikeluarkan langsung oleh bupati, sehingga kita berharap para PNS yang ada di Rejang Lebong untuk bisa mengajak keluarga untuk salat sunah bersama,\" jelas Naseh.

Dalam kesempatan tersebut, Naseh menjelaskan imbauan dan ajakan salat sunah gerhana matahari ini dilakukan sebagai salah satu bentuk pembelajaran kepada masyarakat Rejang Lebong. Karena menurutnya fenomena gerhana seperti ini akan sangat jarang ditemui. Selain itu, salat sunah gerhana ini merupakan salah satu salat sunah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW dan tata cara salatnya pun berbeda dengan salat sunah lainnya.

\"Datangnya fenomena alam yang langka ini, diharapkan kita manfaatkan untuk menambah ibadah kita, jangan sampai kita malah sibuk berfoto-foto atau selfie,\" harap Naseh.

Direncanakan menurut Naseh, imam salat sunah gerhana matahari di Masjid Agung Baitul Makmur Kota Curup adalah Ustad Syafiri dengan khatib Ketua MUI Rejang Lebong Drs H Damanhuri Anwar. Kegiatan rapat koordinasi kemarin dihadiri oleh pelaksanan tugas (Plt) Sekda Rejang Lebong, Ketua MUI Rejang Lebong, serta perwakilan dari Ormas Islam yang ada di Rejang Lebong. (251)

Tags :
Kategori :

Terkait