Realisasi Anggaran Rejang Lebong 95,79%

Selasa 01-03-2016,10:30 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

CURUP, BE - Realisasi anggaran tahun 2015 di Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong mencapai 95,79 persen. Dimana pendapatan daerah yang ditetapkan pada tahun 2015 lalu sebesar Rp 889,873 miliar, dan terealisasi sebesar Rp 852,370 miliar.

Hal tersebut disampaikan Bupati Rejang Lebong DR (HC) H A Hijazi SH MSi saat rapat paripurna DPRD Rejang Lebong dengan agenda laporan pertanggungjawaban Bupati Rejang Lebong terhadap anggaran tahun 2015.

Sementara itu, dari segi belanja daerah tahun 2015 lalu, menurut bupati terealisasi sebesar 81,12 persen atau sebesar Rp 830,209 miliar dari total anggaran sebesar Rp 1.011 triliun. Terkait dengan belum terealisasi anggaran hingga 100 persen tersebut, menurut bupati disebabkan beberapa faktor diantaranya adanya kelebihan anggaran di SKPD yang ada di Rejang Lebong, hingga adanya paket kegiatan pembangunan di Rejang Lebong yang belum selesai dilakukan.

\"Kelebihan anggaran bukan berarti tidak terpakai namun tawaran yang ada berada dibawah pagu anggaran,\" jelas bupati.

Sedangkan untuk paket yang tidak selesai atau menjadi luncuran sendiri, menurut bupati disebabkan oleh beberapa faktor yaitu waktu pengerjaan yang relatif pendek, kemudian karena faktor cuaca serta manajeman yang tidak berjalan. Namun menurut bupati untuk waktu yang pendek dan faktor cuaca ia tidak bisa berbicara banyak. Namun bila karena faktor manajemen yang tidak berjalan maka kedepannya akan dievaluasi.

\"Kita akan terus berusaha hingga pembangunan di Rejang Lebong ini bisa berjalan dengan maksimal,\" harap bupati.

Dalam kesempatan tersebut bupati juga menyampaikan bahwa LKPJ yang ia sampaikan tersebut akan dibahas oleh DPRD Rejang Lebong secara internal dengan tata tertib DPRD dan akan menghasilkan keputusan DPRD berupa rekomendasi yang berisikan catatan-catatan atau koreksi terhadap urusan desentralisasi, tugas pembantuan dan tugas umum pemerintahan bagi pemerintah Kabupaten Rejang Lebong.

\'Rekomendasi dimaksud merupakan masukan yang berharga bagi penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan Kabupaten Rejang Lebong kedepannya lebih baik,\" ungkap bupati.

Kegiatan paripurna LKPJ Bupati tahun 2015 kemarin dimulai sekitar pukul 14.00 WIB dihadiri oleh Wakil Bupati Rejang Lebong, Iqbal Bastari SPd MM, Plt Sekda Rejang Lebong, unsur FKPD dan SKPD Rejang Lebong, ketua TP PKK Rejang Lebong serta tamu undangan lainnya.

Menarikknya dalam menghadiri paripurna DPRD LKPJ kemarin, bupati bersama wakil bupati dan plt Sekda mendatangi gedung DPRD Rejang Lebong dengan berjalan kaki, berbeda dengan yang dilakukan selama ini yang biasanya menggunakan kendaraan. (251)

Tags :
Kategori :

Terkait