17 Siswa Terpilih Mewakili Bengkulu Dalam Pertukaran Siswa Mengenal Nusantara

Minggu 22-11-2015,12:35 WIB

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Setelah dilakukannya tes seleksi sangat ketat oleh enam orang tim seleksi yang terdiri dari Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu dan Bank BNI Cabang Bengkulu terhadap kurang lebih 2 ribu siswa dari seluruh sekolah se Provinsi Bengkulu. Hari ini, Sabtu,(21/11/2015, Tim seleksi akhirnya resmi menetapkan 17 siswa terpilih menjadi duta mewakili Provinsi Bengkulu. Mereka akan mengikuti ajang pertukaran pelajar siswa mengenal nusantara dalam Program BUMN Hadir Untuk Negeri yang akan dilaksanakan pada 12 Desember 2015 Mendatang.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Latansa Bengkulu tersebut merupakan tahapan seleksi lanjutan dari 50 siswa yang sebelumnya juga sudah melakukan tes seleksi. Lalu, dari 50 siswa tersebut hanya diambil sebanyak 17 orang siswa saja. Pimpinan BNI Cabang Bengkulu, Agus Haedar Usman yang juga selaku koordinator kegiatan mewakili BUMN yang ada di Bengkulu mengatakan, progaram siswa mengenal nusantara tersebut adalah bagian dari Program BUMN hadir untuk negeri yang dilaksanakan dalam rangka memperingati hut RI yang ke 70. \"17 orang siswa yang telah terpilih ini nantinya akan diberangkatkan menuju Provinsi Jawa Tengah selama 2 minggu untuk mengisi waktu liburan mengelilingi Nusantara. Selain itu, Program siswa mengenal nusantara ini juga diharapkan dapat mengajari siswa menanamkan semangat kebangsaan dalam diri serta menumbuhkan akan rasa cinta tanah air,\" ujar Agus. Ditambahkannya Agus, dalam 2 minggu tersebut para siswa akan mengunjungi beberapa daerah di Propinsi Jawa Tengah dan sekitarnya. Selama melakukan kunjungan diharapkan para pelajar Bengkulu ini akan belajar dan mengenal kehidupan daerah yang mereka kunjungi serta bisa membuka wawasan mereka dalam meningkatkan cara pikir dan sudut pandang mereka bahwa Indonesia itu luas dan memiliki banyak berbagai keanekaragaman budaya dan bahasa. Sehingga ilmu yang diperoleh nantinya pun dapat diaplikasikan dan di kembangkan di daerah nya masing-masing. \"Tidak hanya itu saja, Sehari sebelum menjelang pulang nantinya para siswa ini juga diwajibkan untuk melakukan persentasi disana. Mereka akan mengutarakan mengenai apa saja yang telah didapatkan selama melakukan perjalanannya tersebut,\" terang Agus.

Sementara itu, Ketua Tim Seleksi, Drs. Eri Yulian, M.Pd mengungkapkan, 17 orang siswa yang terpilih tersebut diambil berdasarkan hasil dari tes seleksi ketat. Adapun beberapa tes tahapan seleksi yang diberikan oleh tim seleksi terhadap seluruh siswa ini meliputi, tes admindrasi, tertulis, Psikotes dan yang terakhir wawancara.

\" Seluruh siswa yang mengikuti tes tersebut juga merupakan siswa-siswa yang memang dipilih oleh sekolahnya berdasarkan beberapa prioritas, antara lain, berprestasi, kurang mampu serta mempunyai kemauan,\" ungkap Eri. Salah satu siswa yang terpilih lulus mengikuti kegiatan siswa mengenal nusantara dari dari Kabupaten Rejang Lebong, Velia Indah Lestari mengaku sangat senang dan merasa bangga sekali bisa terpilih dalam kegiatan ini. Sebab, sebelumnya dirinya sama sekali tidak menyangka bahwa bisa menjadi salah satu bagian dari 17 orang siswa yang akan diberangkatkan.  Mengingat begitu banyaknya siswa yang ikut melakukan tes seleksi tersebut. \"Saya merasakan gugup, tegang bercampur cemas saat tim seleksi membacakan hasil dari tes seleksi tersebut. Namun kecemasan tersebut pun seketika berubah menjadi rasa gembira yang begitu besar, setelah mengetahui dan mendengar akhirnya tim seleksi menyatakan saya terpilih mengikuti kegiatan ini,\" Pungkasnya. (Andri) Berikut 17 nama siswa, sekolah dan Kabupaten yang terpilih untuk diberangkatkan dalam program Siswa Mengenal Nusantara oleh BUMN 1. Titin Tri Hadayani,  SMAN 01 Ketahun  Bengkulu Utara 2. Martalita Viani,  SMAN 01 Padang Jaya Bengkulu Utara 3. Ferdiansyah, SMAN 04 MukoMuko MukoMuko 4. Ramadhan Syahputra,  SMAN 01 Kaur Kaur 5. Yunita Alpiana,  SMAN 02 Kaur Kaur 6. Fela Deris,  SMAN 01 Merigi Kepahiang 7. Penadi Kurniawan, SMAN 01 Kepahiang Kepahiang 8. Deka Putri, SMAN 01 Seluma Seluma 9. Berlian Ade Wijaya,  SMAN 01 BS Bengkulu Selatan 10. M. Yoessoef Anggara,  SMAN 02 BS Bengkulu Selatan 11. Feli Dwi Oktari,  SMAN 02 Bengkulu Tengah Bengkulu Tengah 12. Vhelia Indah Lestari,  SMAN 01 Curup Timur Rejang Lebong 13. faishal Digdoyo Prasojo, SMAN 01 Kota Curup Rejang Lebong 14. Hairian fasi,  SMAN 08 Kota Bengkulu Kota Bengkulu 15. Anne Lestyea,  SMAN 06 Kota Bengkulu Kota Bengkulu 16. David Rikardo, SMAN 01 Lebong Lebong Selatan 17. Choirunnisa, SMAN 1 Kota Bengkulu Kota Bengkulu
Tags :
Kategori :

Terkait