Hari Ini Penetapan Calon

Senin 24-08-2015,11:34 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

CURUP, BE - Sesuai tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) bupati dan wakil bupati Rejang Lebong, hari ini, KPU Rejang Lebong akan menetapkan pasangan calon yang akan bertarung untuk memimpin Rejang Lebong, lima tahun ke depan.

Pelaksanaan penetapan calon bupati dan wakil bupati sendiri rencananya akan dilangsungkan di aula kantor KPU Rejang Lebong yang ada di Kelurahan Dwi Tunggal Curup. Pelaksanaan penetapan sendiri akan dipimpin langsung oleh Ketua KPU Rejang Lebong Halid Saifullah SH MH, dan dihadiri komisioner KPU, Panwaslu Rejang Lebong dan sejumlah pihak terkait lainnya.

\"Besok (hari ini) adalah penetapan Paslon yang akan maju Pilkada serentak nanti, hari Selasa (25/8) adalah penentuan nomor urut Paslon yang sudah kita tetapkan sehari sebelumnya,\" ungkap anggota KPU Rejang Lebong, Fahamsyah.

Dijelaskan Fahamsyah, dalam penetapan calon Pilkada, baik perseorangan maupun gabungan Parpol belum bisa dipastikan siapa saja yang akan ditetapkan sebagai calon bupati dan wakil bupati. Penetapan Paslon yang akan maju Pilkada tersebut akan dilaksanakan melalui pleno terbuka.

\"Saya yakin akan berjalan aman dan damai, pleno sesuai undangan yang kita sampaikan ke masing-masing pasangan Balon itu jam 9 pagi di aula kantor KPU,\" jelas Fahamsyah.

Dalam kesempatan tersebut Fahamsyah juga memaparkan, bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati di Rejang Lebong yang sempat mendaftar ke KPU sebanyak 9 pasang, 5 dari perseorangan dan 4 dari partai politik, setelah melalui proses panjang untuk balon perseorangan kemudian yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) hanya 3 pasang saja, hingga jumlahnya menjadi hanya 7 pasang.

Untuk diketahui, ke-7 pasang diantaranya 3 pasang dari balon perseorangan yakni pasangan Anom Chan-Jonitan dengan total dukungan 23.375, Alrullah-Heri Purwanto dengan jumlah dukungan 25.600 dan pasangan Hijazi-Iqbal Bastari dengan modal dukungan terbanyak yakni 27.952.

Kemudian untuk pasangan Balon dari gabungan partai politik ada 4 pasang yakni pasangan dengan dukungan partai terbanyak yakni Samsul Efendi-Adnan yang didukung oleh partai Gerindra 4 kursi, PAN 3 kursi, PKS 2 kursi, PKB 1 kursi. Kemudian Pasangan Fatrolazi-Nurul Khairiyah yang didukung oleh PDI Perjuangan 4 kursi dan Nasdem 3 kursi.

Kemudian pasangan John Ferianto-Bambang Aryanto yang didukung oleh Partai Golkar 4 kursi dan PPP 3 kursi. Lalu pasangan terakhir yang mendaftar adalah pasangan Tugiman-Sudirman. Pasangan ini didukung oleh partai Demokrat 3 kursi dan Hanura 3 kursi.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait