Tunggakan PDAM Masih Tinggi

Selasa 21-07-2015,12:20 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

CURUP, BE- Pelayanan maksimal yang diberikan PDAM Tirta Dharma Rejang Lebong terhadap pelanggannya berbanding terbalik dengan kesadaran para pelanggannya. Hal ini terlihat dari masih tingginya total tunggakan pelanggan PDAM Tirta Dharma. Menurut Direktur PDAM Tirta Dharma Rejang Lebog, Hazairin SE MM, saat ini total tunggakan pelanggan PDAM Tirta Dharma mencapai Rp 600 juta. Dengan total pelanggan yang melakukan penunggakan sekitar 600 lembar rekening pelanggan. \"Setiap pelanggan memiliki tunggakan yang berbeda-beda, angka Rp 600 juta tersebut sifatnya akumulasi dari beberapa bulan sebelumnya,\" aku Hazairin. Terkait dengan lokasi pelanggan PDAM yang masih banyak melakukan tunggakan, Hazairin mengaku sebagian besar tunggakan dilakukan oleh pelanggan yang ada di kawasan Perkotaan Kota Curup. Hanya saja menurut Hazairin, nilai tunggakan tersebut sudah mengalami penurunan dibandingkan dengan bulan April 2015 lalu. Dimana pada bulan April lalu total tunggakan pelanggan PDAM Tirta Dharma mencapai Rp 800 Juta. Salah penyebab tingginya total tunggakan pada bulan April lalu adalah sejumlah SKPD di Kabupaten Rejang Lebong yang melakukan penunggakan. Hal tersebut karena terganjal masalah belum disahkannya penggunaan APBD tahun 2015 sehingga dinas instansi yang ada di Rejang Lebong belum bisa melakukan pembayaran. \"Kalau untuk dinas instansi itu karena masalah anggaran, karena saat anggaran sudah bisa digunakan maka akan langsung dilakukan pembayaran,\" aku Hazairin. Dalam mengatasi tunggakan yang dilakukan dari kalangan masyarakat in, Hazairin mengaku pihaknya sudah melakukan sejumlah langkah baik secara pendekatan maupun tindakan tegas. Untuk pendekatan pihaknya melakukan penagihan dengan carai door to door kerumah pelanggan yang melakukan tunggakan. Sedangkan tindakan tegas mereka lakukan untuk pelanggan yang terus melakukan tunggakan. Pihaknya akan langsung melakukan pemutusan untuk pelanggan yang melakukan tunggakan selama tiga bulan berturut-turut. \"Kita juga sudah bekerjasama dengan kejaksaan untuk mensosialisasikan kepada pelanggan terkait dengan pentingnya membayar PDAM oleh para pelanggan kita,\" papar Hazairin. Selain itu menurut Hazairin, saat ini tidak ada lagi alasan pelanggan untuk enggan membayar lantaran lokasi pembayaran yang jauh. Karena menurut Hazairin saat ini sistem pembayaran PDAM Rejang Lebong sudah online sehingga lokasi pembayarannya tersebar diseluruh lokasi yang ada di Rejang Lebong sehingga lebih mudah untuk melakukan pembayaran.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait