Ajang Asean Plus Japan Youth Forum, Momentum Promosikan Bengkulu

Kamis 05-03-2015,10:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU, BE - Beberapa remaja peserta Asean Plus Japan Youth Forum (AJYF) atau Forum Remaja Asean dan Jepang telah tiba di Bumi Raflesia Kota Bengkulu. Para remaja berumur 17 sampai 25 tahun berasal dari negara Asean dan Jepang ini telah melakukan registrasi di Hotel Santika Kota Bengkulu sejak pukul 10.00 WIB. Mereka, pada penyambutan pertama juga diberikan tas bertuliskan Asean Plus Japan Youth Forum.

Direktur Indonesian Student Youth Forum, Dinur juga selaku panitia AJYF mengatakan kemarin dijadwalkan semua peserta Forum akan melakukan registrasi.

\"Namun tidak menutup kemungkinan ada yang terlambat karena terkendala penerbangan,\" terang Dinur

Saat BE berkunjung ke Hotel Santika sekira pukul 10.00 WIB kemarin, terlihat baru beberapa peserta saja yang melakukan registrasi. Sebagian dari mereka remaja asal Filipina, Malaysia serta tuan rumah Indonesia.

Setelah melakukan registrasi para remaja terpilih ini pada pukul 03.00 WIB melakukan orientasi serta perkenalan antar remaja pertama kalinya. Kemudian tadi malam mereka disambut Wakil Gubernur Bengkulu Sulan B Najamudin di rumah dinas dalam acara Welcome Dinner.

Pembukaan AJYF akan dilaksanakan hari ini, Kamis (5/3) tepatnya pukul 09.00 WIB dengan menghadirkan Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah, perwakilan kedutaan besar negara Jepang, perwakilan sekretariat jendral ASEAN dan perwakilan kementrian luar negeri.

Nantinya dalam acara yang digelar dari 4-7 Maret, para remaja akan membahas bentuk format kerjasama antar remaja Asean dan Jepang. Kemudian format kerjasama ini akan direkomendasikan untuk dibahas dalam forum Asean dan Jepang tingkat pemimpin daerah. Remaja Asean dan Jepang ini juga akan melaksanakan kunjungan (City tour) ke beberapa tempat wisata yang ada di Kota Bengkulu seperti Pantai Panjang, Rumah Bung karno dan Benteng Malbourgh. Ini juga merupakan kesempatan bagi Bengkulu untuk memperkenalkan potensi wisatanya ke mata dunia.

Dijelaskan Dinur, AJYF ini merupakan gelaran pertama kalinya di Indonesia dan kota Bengkulu menjadi tuan rumah.

\"Dipilihnya Kota Bengkulu sebagai tuan rumah juga merupakan usulan dari Wagub Provinsi Bengkulu, Sultan B Najamudin,\" tambah Dinur

Perlu diketahui, semua remaja yang mengikuti Forum ini adalah remaja pilihan yang telah melewati beberapa tahapan seleksi.

\"Sebelumnya kita sudah membuka pendaftaran kemudian remaja diseleksi sehingga remaja terbaik akan mengikuti Asean plus Japan Youth Forum,\" jelas Dinur.

Adapun tahapan seleksi yang telah dilaksanakan oleh remaja ini sebelumnya berupa pembuatan Essay mengenai \"Asean Community and Partnership\". Mereka yang memiliki essay terbaik berhak mengikuti AJYF tahun 2015. (cw1)

Tags :
Kategori :

Terkait