BKKBN Gelar Sosialisasi Program Kependudukan dan Pembangunan Keluarga

Senin 24-11-2014,21:57 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU, BE - Pemerintah Provinsi Bengkulu mengggelar kegiatan pawai pembangunan sebagai upaya memperkuat misi peningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang pendidikan, kesehatan serta ekonomi. Pawai tersebut juga bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat serta evaluasi pelaksanaan program berbagai sektor di daerah itu.

Kegiatan tersebut digelar dalam peringatan hari jadi Provinsi Bengkulu ke-64. Sebagai bagian instansi pemerintah di Provinsi Bengkulu, Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Bengkulu menuturunkan beberapa kendaraan hias sebagai media edukasi dan informasi untuk mensosialisasikan program Kependudukan dan Pembangunan Keluarga menuju masyarakat yang sehat berkualitas dan mandiri.

Usai menghadiri pelepasan peserta pawai di Gedung Daerah Bengkulu, Kamis (20/11/2014), Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu, Maryana  mengatakan sosialisasi program KKBPK tersebut tidak terbatas waktu dan tempat sebagai upaya akselerasi pelaksanaan program agar dapat terwujud pembangunan berwawasan kependudukan.

Ia mengatakan, peran lembaga yang dipimpinnya itu untuk dapat meningkatkan kualitas SDM yang telah datur dalam UU No.52/2009 Tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

Untuk mencapai sasaran yang dituangkan dalam peraturan tersebut diperlukan membangun pola pikir baru untuk menempatkan penduduk sebagai modal dasar dan faktor dominan yang harus menjadi titik sentral dalam pembangunan berkelanjutan. Karena jumlah penduduk yang besar dengan kualitas rendah dan pertumbuhan yang cepat akan memperlambat tercapainya kondisi yang ideal antara kuantitas dan kualitas penduduk dengan daya dukung dan daya tampung lingkungan.

Maryana juga menambahkan \"pelaksanaan program pembangunan kependudukan perlu meningkatkan koordinasi dan penyamaan kebijakan lintas sektor. Sehingga sejumlah permasalahan kependudukan baik aspek pendidikan, kesehatan serta kemiskinan dapat diatasi dan meningkatkanya kualitas masyarakat. Dan dengan program Keluarga Berencana (KB) yang kita laksanakan akan mampu mengurai permasalahan yang ada dalam kehidupan masyarakat, tentunya melalui perencanaan keluarga,\" tutup Maryana\".(Rls/Ans)

Tags :
Kategori :

Terkait