7 Bahan Alami Menghilangkan Gatal pada Kulit dan Cara Menggunakannya

Rabu 23-10-2024,15:38 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi dan melembapkan, sehingga efektif meredakan gatal akibat alergi, sengatan matahari, atau iritasi kulit ringan.

Cara menggunakan: Ambil gel dari daun lidah buaya dan oleskan langsung pada kulit yang gatal. Diamkan selama beberapa menit hingga meresap, lalu bilas jika perlu.

3. Cuka Apel

Cuka apel mengandung sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu mengatasi gatal akibat infeksi ringan atau alergi.

Cara menggunakan: Campurkan satu bagian cuka apel dengan satu bagian air. Celupkan kapas ke dalam campuran tersebut, lalu aplikasikan pada area kulit yang gatal. Biarkan beberapa menit sebelum dibilas.

BACA JUGA:Ini Dia 6 Hal yang Bisa Menjadi Pemicu Penuaan Dini

BACA JUGA:Waspada 7 Jenis Gangguan Kelainan Seksual yang Harus Diketahui

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dikenal sebagai pelembap alami yang sangat baik untuk kulit. Kandungan asam lemak dalam minyak kelapa membantu mengatasi gatal yang disebabkan oleh kulit kering atau dermatitis.

Cara menggunakan: Oleskan minyak kelapa murni ke area kulit yang gatal dan biarkan meresap. Minyak ini juga bisa digunakan secara rutin untuk mencegah kulit kering.

5. Teh Chamomile

Teh chamomile memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu menenangkan kulit yang teriritasi serta meredakan gatal.

Cara menggunakan: Seduh kantong teh chamomile, lalu dinginkan hingga suhu yang nyaman. Gunakan kantong teh sebagai kompres pada kulit yang gatal atau bilas kulit dengan air teh chamomile.

BACA JUGA:Ini 7 Pekerjaan yang Cocok dengan Zodiak Libra

BACA JUGA:Amankah Penggunaan Bahan Pengawet dalam Makanan yang Dikonsumsi

6. Baking Soda

Kategori :