Sakit Radang Tenggorokan? Ikuti 10 Cara Alami untuk Mengatasinya

Jumat 04-10-2024,15:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Campurkan satu sendok makan perasan lemon ke dalam segelas air hangat dan tambahkan sedikit madu untuk hasil yang lebih baik.

6. Bawang Putih Mentah

Bawang putih dikenal sebagai antibiotik alami karena mengandung senyawa allicin yang efektif melawan bakteri penyebab radang tenggorokan. 

Mengunyah bawang putih mentah atau mencampurkannya dengan madu dapat membantu meredakan gejala. Meski rasanya mungkin kurang nyaman, khasiatnya dalam mempercepat pemulihan sangat signifikan.

7. Kunyit dan Susu Hangat

Kunyit mengandung kurkumin, senyawa antiinflamasi yang kuat. Campurkan setengah sendok teh kunyit bubuk ke dalam segelas susu hangat, lalu minum sebelum tidur. 

BACA JUGA:Ini Dia Macam Rehabilitasi Medik dan Kondisi yang Diatasinya

BACA JUGA:Catat 10 Tips Ini Jika Ingin Mencegah Penuaan yang Cepat Terjadi

Minuman ini tidak hanya meredakan radang tenggorokan, tetapi juga membantu mempercepat proses penyembuhan tubuh secara keseluruhan.

8. Air Hangat dengan Cuka Apel

Cuka sari apel memiliki sifat antimikroba yang membantu membunuh bakteri penyebab infeksi tenggorokan. 

Campurkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air hangat dan tambahkan madu untuk memberikan rasa manis. Minum secara perlahan atau gunakan sebagai larutan untuk berkumur.

9. Menghirup Uap Hangat

Menghirup uap dari air panas dapat membantu melembapkan tenggorokan yang kering dan meredakan iritasi. 

Tambahkan minyak esensial seperti minyak kayu putih atau minyak peppermint ke dalam air panas untuk memberikan sensasi lebih lega di tenggorokan. Hirup uap selama 10-15 menit untuk mendapatkan efek optimal.

BACA JUGA:Mau Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga dalam 3 Hari? Ikuti Langkah Ini

Kategori :