Menghambat Penyerapan Nutrisi, 8 Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dimakan Bersamaan dengan Telur

Selasa 01-10-2024,20:34 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Telur memang punya rasa yang lezat. Tapi, ada sejumlah makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan telur.

Telur dikenal sebagai salah satu sumber protein terbaik. Selain itu, telur juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral lain seperti vitamin D, vitamin A, vitamin B, dan fosfor.

Meskipun telur memiliki banyak manfaat, tidak semua makanan cocok untuk dikonsumsi bersamaan dengan telur. Kombinasi makanan tertentu dengan telur dapat mengganggu penyerapan nutrisi, menyebabkan gangguan pencernaan, atau bahkan menimbulkan efek samping kesehatan.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui makanan apa saja yang sebaiknya dihindari ketika dikonsumsi bersama telur yang jarang diketahui sebagian orang.

BACA JUGA:Makanan Diet Pengganti Nasi Ini yang Bisa Kamu Pilih!

BACA JUGA:Organ Reproduksi Wanita Ternyata Bukan Hanya Vagina dan Rahim

Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Telur

Ada beberapa jenis makanan yang tida boleh dikonsumsi bersamaan dengan telur diantaranya adalah sebagai berikut. 

1. Teh atau Kopi

Kombinasi antara telur dan minuman berkafein, seperti teh atau kopi, sebaiknya dihindari. Tanin dan kafein yang terdapat dalam teh dan kopi dapat mengganggu penyerapan protein dari telur. 

Selain itu, konsumsi telur bersamaan dengan teh bisa menurunkan penyerapan zat besi yang terkandung dalam telur. Minuman berkafein juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan jika diminum langsung setelah makan telur.

2. Susu dan Produk Susu

Meskipun baik untuk kesehatan, mengonsumsi susu atau produk susu seperti keju dan yoghurt bersama telur dapat menimbulkan masalah bagi beberapa orang. 

BACA JUGA:Inilah 10 Penyebab Bayi Sering Menangis Tanpa Sebab yang Perlu Diketahui

BACA JUGA:Organ Reproduksi Wanita Ternyata Bukan Hanya Vagina dan Rahim

Kategori :