Menghambat Penyerapan Nutrisi, 8 Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dimakan Bersamaan dengan Telur

Selasa 01-10-2024,20:34 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Kedua makanan ini sama-sama kaya protein, namun memadukannya dapat memperlambat proses pencernaan, yang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut, seperti kembung atau gangguan pencernaan.

3. Daging Berlemak

Kombinasi antara telur dan daging berlemak, seperti bacon, sosis, atau daging merah yang berlemak tinggi, bisa memperberat kerja sistem pencernaan. 

Kandungan lemak yang tinggi pada daging berlemak akan memperlambat proses pencernaan protein dari telur, yang dapat menyebabkan rasa penuh atau kembung. 

Selain itu, kombinasi lemak jenuh dan kolesterol dari kedua makanan ini juga bisa meningkatkan risiko masalah kardiovaskular jika dikonsumsi berlebihan.

BACA JUGA:Cara Membuat Pupuk Kompos dari Pelepah Sawit

BACA JUGA:Kulit Kemerahan Akibat Iritasi Iritasi Pembalut? Begini Cara Efektif Mengatasinya

4. Ikan

Meski keduanya merupakan sumber protein yang baik, mengonsumsi telur dan ikan secara bersamaan bisa membuat tubuh kesulitan dalam menyerap semua nutrisi dengan baik. 

Ikan, terutama yang berminyak seperti salmon atau sarden, mengandung asam lemak omega-3 yang dapat terganggu penyerapannya ketika dikonsumsi bersama protein padat dari telur.

5. Buah-buahan Tinggi Vitamin C

Meskipun buah-buahan seperti jeruk, lemon, dan tomat kaya akan vitamin C, mengonsumsinya bersamaan dengan telur tidak dianjurkan. 

Vitamin C dapat bereaksi dengan protein dalam telur dan mengganggu proses pencernaannya. Selain itu, asam dari buah-buahan ini bisa memicu gangguan lambung jika dikonsumsi bersamaan dengan makanan berprotein tinggi seperti telur.

BACA JUGA:Organ Reproduksi Wanita Ternyata Bukan Hanya Vagina dan Rahim

BACA JUGA:Waspada! Gejala BAB Berdarah Menjadi Pertanda dari Penyakit Berbahaya

6. Gula atau Pemanis Buatan

Kategori :