Inilah Dia 9 Ragam Manfaat Daun Basil Untuk Kesehatan

Selasa 17-09-2024,11:39 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Bermanfaat dalam mengurangi gejala gangguan peradangan seperti radang sendi, serta membantu meredakan nyeri dan ketidaknyamanan yang berhubungan dengan peradangan.

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Daun basil dapat membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Senyawa dalam daun kemangi mempunyai efek pengobatan, membantu mengurangi gas dan kembung.

Selain itu, daun basil juga dapat merangsang sekresi enzim pencernaan, menenangkan proses pencernaan dan mengurangi gangguan pencernaan.

BACA JUGA:Asam Urat dan Kolestrol Langsung Lenyap, dr Zaidul Akbar Bagikan Cara Alaminya

BACA JUGA:Ternyata Menu Sarapan Paling Sehat di Dunia Ada di Indonesia, Berikut Penjelasan dr Zaidul Akbar

5. Memiliki sifat antibakteri dan antijamur. 

Ekstrak daun basil menunjukkan aktivitas antibakteri dan antijamur yang kuat. Senyawa seperti eugenol dan methyleugenol dapat melawan berbagai jenis bakteri dan jamur patogen, membantu melindungi tubuh dari infeksi dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

6. Mendukung kesehatan jantung

Kandungan antioksidan dan sifat anti inflamasi pada daun basil dapat mendukung kesehatan jantung.

Dengan mengurangi peradangan dan stres oksidatif, basil dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan fungsi kardiovaskular.

7. Meningkatkan kesehatan mental

Daun basil mempunyai efek adaptogenik, artinya dapat membantu tubuh beradaptasi terhadap stres dan mengurangi efek negatifnya.

BACA JUGA:Cegah Berbagai Risiko Penyakit, Kenali Manfaat Ikan Kembung Untuk Kesehatan

BACA JUGA:Ketahui, 5 Jenis Vitamin yang Dibutuhkan Tubuh Setiap Hari

Senyawa dalam daun basil, seperti asam rosmarinic, dapat membantu mengurangi kecemasan dan meningkatkan mood. Selain itu, daun basil juga dapat membantu mengurangi kelelahan mental dan meningkatkan konsentrasi.

Kategori :