Inilah Dia 9 Ragam Manfaat Daun Basil Untuk Kesehatan

Selasa 17-09-2024,11:39 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Daun basil (Ocimum basilicum) merupakan salah satu jenis dedaunan yang jarang diketahui oleh sebagian orang.

Daun ini sering digunakan dalam masakan khas Italia dan Asia, bukan hanya menambah aroma dan rasa pada hidangan, tetapi juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan yang signifikan.

Dengan sejarah panjang dalam pengobatan tradisional dan penggunaannya dalam kuliner, daun basil dikenal karena kandungan nutrisinya yang kaya serta sifat terapeutiknya. 

Selain itu, daun bail kaya akan nutrisi seperti kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa bioaktif, daun basil memiliki potensi untuk mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh. 

BACA JUGA:Agar Nasi Putih Lebih Sehat untuk Tubuh, dr Zaidul Akbar Bagikan Cara Mengolahnya

Berkat kandungan nutrisi yang dimilikinya, tak heran jika daun basil memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan. Adapaun manfaat daun basil yang perlu Anda ketahui adalah sebegai berikut. 

1. Menjaga sistem imun tubuh 

Daun basil mengandung banyak vitamin dan mineral penting untuk kesehatan tubuh. Daun basil diketahui kaya akan vitamin yang bermanfaat dalam menjaga sistem imun tubuh.

2. Mencegah radikal bebas

Daun basil kaya akan senyawa antioksidan seperti flavonoid, polifenol dan minyak atsiri.

Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel dan berkontribusi terhadap penuaan dini dan penyakit kronis. Dengan mengonsumsi daun basil, Anda dapat membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif dan penyakit terkait.

BACA JUGA:Hama Menghambat Pertumbuhan Tanaman, Ini 5 Bahan Dapur yang Ampuh Mengatasinya

BACA JUGA:Terlanjur Melihat Anak Nonton Konten Dewasa? Ini Cara Tepat untuk Menghadapinya

3. Anti inflamasi

Senyawa aktif pada daun basil seperti eugenol, linalool dan geraniol memiliki sifat anti inflamasi sehingga dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh.

Kategori :