Inilah 5 Kebiasaan Tidur yang Ampuh Hilangkan Perut Buncit

Jumat 13-09-2024,16:43 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRES.COM – Perut buncit memang tidak nyaman. Tak hanya merusak penampilan, perut buncit juga membuat Anda kehilangan rasa percaya diri.

Menghilangkan lemak perut memang tidak bisa dilakukan secara instan, Anda memerlukan berbagai cara seperti pola makan, olahraga, dan perubahan gaya hidup agar lebih sehat.

Ternyata posisi tidur tertentu bisa efektif mengecilkan perut buncit. Pasalnya, posisi tidur memengaruhi fungsi tubuh dan disebut-sebut dapat membantu mengecilkan lemak perut saat Anda tertidur di malam hari. Berikut diantaranya. 

1. Tidur yang cukup setiap malam (7 hingga 9 jam)

Tidur yang cukup penting untuk menjaga keseimbangan hormon pengatur nafsu makan, seperti leptin dan ghrelin. Kurang tidur dapat meningkatkan rasa lapar dan mengidam makanan berkalori tinggi, sehingga berkontribusi terhadap penambahan berat badan, termasuk lemak perut.

BACA JUGA:Resep Ampuh Mengatasi Alergi, dr Zaidul Akbar Bagikan Resep Menggunakan 3 Rempah Ini

BACA JUGA:Waspada Sesak Nafas, Inilah 5 Pantangan yang Harus Dihindari Penderita Asma

Dengan tidur yang cukup, tubuh dapat berfungsi lebih baik, mengatur metabolisme, dan menjaga kadar lemak yang sehat.

2. Tidur pada waktu yang sama setiap hari

Tidur teratur membantu mengatur ritme sirkadian, jam biologis tubuh yang mengatur proses metabolisme. Tidur pada waktu yang berbeda setiap hari dapat mengganggu ritme ini dan mempersulit tubuh membakar kalori secara efektif.

Dengan tidur yang cukup, tubuh akan mudah menjaga metabolisme tetap optimal dan mengurangi penumpukan lemak, termasuk di area perut.

3. Tidur di ruangan gelap

Tidur di ruangan gelap membantu tubuh memproduksi melatonin, hormon yang mendorong tidur nyenyak. Melatonin juga berperan dalam mengatur metabolisme dan mencegah penambahan berat badan.

BACA JUGA:Sayang Jika Dilewatkan, Ini Dia 8 Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan

BACA JUGA:Waspada Gangguan Kesehatan Serius, Simak 8 Penyebab Nyeri Leher yang Sering Terjadi

Kategori :