Kenali 5 Penyebab Gigi Hitam pada Anak, No. 5 Bisa Disebabkan Karena Trauma

Kamis 05-09-2024,12:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Kombinasi antara tidak rutin menyikat gigi dan terlalu banyak mengonsumsi makanan manis juga dapat membuat gigi menjadi gelap. Contoh beberapa makanan tersebut antara lain susu, soda, permen, kue, dan jus buah.

Bakteri yang hidup di mulut dapat mengubah makanan menjadi asam. Kombinasi bakteri, makanan, asam, dan air liur dapat menyebabkan plak. Pada akhirnya, asam tersebut akan merusak enamel gigi dan menyebabkan gigi berlubang atau menghitam.

4. Mengonsumsi obat-obatan tertentu

Beberapa obat anak mungkin mengandung zat besi yang dapat menyebabkan gigi menguning. Misalnya saja mengonsumsi antibiotik tetrasiklin saat hamil atau menyusui dapat menyebabkan gigi bayi berubah warna atau bahkan menjadi gelap.

Sedangkan untuk pengobatan, tindakan yang dilakukan tergantung gejala, usia, dan kondisi kesehatan. Hal ini juga tergantung pada tingkat keparahan penyakitnya.

BACA JUGA:Inilah 5 Penyebab Kulit Kaki Kering yang Jarang Disadari

BACA JUGA:Kerap Kurang Diperhatikan, Berikut 9 Makanan yang Bantu Jaga Kesehatan Mata

Biasanya, perawatan yang diperlukan adalah dengan menghilangkan bagian gigi yang rusak dan menggantinya dengan tambalan. Tindakan pemulihan ini dapat memperbaiki berbagai kerusakan yang telah terjadi.

5. Trauma gigi

Anak yang mengalami trauma gigi mungkin juga mengalami bintik hitam di area tempat terjadinya cedera. Hal ini mungkin disebabkan oleh pendarahan di dalam gigi akibat cedera. 

Penyebab paling umum dari kondisi ini pada anak adalah terjatuh saat bermain. Sebagai orangtua, sebaiknya melakukan tindakan segera saat anak mengalami gigi hitam. 

Kerusakan yang terjadi mungkin saja bertambah parah, hingga anak bisa kesulitan untuk makan. Pastikan juga untuk melakukan pemeriksaan gigi secara rutin setiap tahunnya agar senyum anak terlihat menawan.

BACA JUGA:5 Efek Samping Makan Bayam yang Perlu Anda Ketahui

BACA JUGA:Agar Tetap Awet Muda, Sehat, Bahagia dan Panjang Umur, dr Zaidul Akbar Bagikan Tipsnya

Itulah penyebab gigi hitam pada anak. Dengan memahami penyebab gigi hitam dan menerapkan langkah-langkah pencegahan yang tepat, Anda dapat membantu menjaga kesehatan gigi anak dan mencegah masalah serupa di masa depan.

Kategori :