Kenali 5 Penyebab Gigi Hitam pada Anak, No. 5 Bisa Disebabkan Karena Trauma

Kamis 05-09-2024,12:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Gigi hitam pada anak adalah masalah yang seringkali menimbulkan kekhawatiran bagi orang tua. 

Perubahan warna pada gigi anak dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kebiasaan makan dan minum, hingga kondisi kesehatan mulut yang lebih serius.

Memahami penyebab dan faktor yang mempengaruhi perubahan warna gigi sangat penting untuk mengatasi masalah ini dengan tepat dan menjaga kesehatan gigi anak.

Gigi hitam pada anak bisa menjadi tanda adanya masalah yang lebih dalam, baik terkait kebiasaan perawatan gigi atau kondisi medis tertentu. 

BACA JUGA:Minuman Agar Terbebas dari Penyakit Paru-paru, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

BACA JUGA:Ketahui 8 Manfaat Rebung Untuk Kesehatan, Bambu Muda yang Bisa Diolah dengan Berbagai Sajian

Identifikasi penyebab yang mendasarinya memungkinkan penanganan yang lebih efektif dan pencegahan masalah serupa di masa depan. Nah, berikut beberapa penyebab dari kedua faktor tersebut yang perlu diketahui

1. Kebersihan mulut yang buruk

Kebersihan mulut yang buruk merupakan salah satu penyebab gigi hitam pada anak. Sisa makanan yang menempel pada sisa gigi dapat menjadi tempat berkembang biaknya kuman. Jika dibiarkan, kuman tersebut dapat membentuk plak dan akhirnya menggelapkan gigi.

2. Biasakan memberi susu botol

Anak yang diberi susu botol oleh orang tuanya juga berisiko mengalami gigi hitam. Kebiasaan ini menyebabkan kerusakan gigi atau disebut juga kerusakan gigi.

Gula pada susu dapat menempel pada gigi dan jika dibiarkan dalam waktu lama dapat menyebabkan tumbuhnya bakteri jahat. Lama kelamaan gigi menjadi hitam dan busuk.

BACA JUGA:Tidak Nyaman Dengan Tangan yang Kerap Kesemutan, Begini Cara Sederhana Mengatasinya

BACA JUGA:Minuman untuk Pulihkan Stamina, Juga Bikin Muka Glowing, dr Zaidu Akbar Bagikan Resepnya

3. Terlalu banyak makan makanan manis

Kategori :