Lebih Bahagida dan Berumur Panjang, Ini Dia Manfaat Menjadi Orang Vegetarian yang Perlu Diketahui

Rabu 04-09-2024,14:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Menjadi vegetarian yakni mengkonsumsi makanan yang berasal dari tumbuhan dan menghindari daging serta produk hewani dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. 

Mereka yang memilih menjadi orang vegetarian, berarti mereka hanya mengkonsumsi asupan makanan nabati dan meninggalkan protein dari daging-dagingan. 

Nah, faktanya orang yang lebih banyak mengkonsumsi sayuran, akan mendapatkan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari menjadi vegetarian:

1. Kesehatan Jantung

Vegetarian sering kali mengonsumsi diet yang kaya serat, sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian, yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Diet vegetarian umumnya rendah lemak jenuh dan kolesterol, serta tinggi antioksidan, yang mendukung kesehatan jantung dan pembuluh darah.

BACA JUGA:Ikuti 8 Tips Ini Agar Pasangan Selalu Rindu dan Ingin Bertemu

BACA JUGA:Minuman Agar Terbebas dari Penyakit Paru-paru, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

2. Berat Badan Sehat

Kebiasaan makan vegetarian dapat membantu dalam pengelolaan berat badan. Makanan berbasis tumbuhan sering kali rendah kalori dan tinggi serat, yang dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori berlebih.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vegetarian cenderung memiliki indeks massa tubuh (IMT) yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi daging.

3. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Diet vegetarian yang kaya serat dari buah, sayuran, dan biji-bijian dapat membantu mengatur kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Penelitian menunjukkan bahwa vegetarian memiliki risiko yang lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi daging.

BACA JUGA:Jangan Asal Minum Imodium! Ketahui Manfaat dan Dosisnya

BACA JUGA:Ternyata Sedekah di Waktu Ini Tak Diterima, Berikut Penjelasan Buya Yahya

Kategori :