Waspada Gangguan Kesehatan Serius, Simak 8 Penyebab Nyeri Leher yang Sering Terjadi

Rabu 04-09-2024,11:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Nyeri leher adalah masalah yang sering dialami oleh banyak orang dan dapat memengaruhi kualitas hidup sehari-hari. 

Leher yang terasa nyeri bisa disebabkan oleh berbagai hal, dan penting untuk memahami penyebabnya agar dapat mendapatkan perawatan yang sesuai.

Ada beberapa kemungkinan yang dapat menjadi faktor penyebab sakit leher, berikut beberapa penyebab yang perlu Anda ketahui. 

1. Postur yang Buruk

Postur tubuh yang tidak benar, terutama saat duduk dalam waktu lama, seperti saat bekerja di depan komputer atau menggunakan ponsel, dapat menyebabkan ketegangan pada otot leher. 

Posisi kepala yang terlalu condong ke depan atau ke samping dapat memaksa otot leher bekerja lebih keras dan menyebabkan nyeri.

BACA JUGA:Inilah 5 Penyebab Kulit Kaki Kering yang Jarang Disadari

BACA JUGA:5 Efek Samping Makan Bayam yang Perlu Anda Ketahui

2. Otot Tegang atau Spasme

Stres, aktivitas fisik yang berat, atau tidur dalam posisi yang tidak nyaman dapat menyebabkan otot-otot di leher menjadi tegang atau mengalami spasme. 

Ini seringkali disertai dengan kekakuan dan rasa sakit yang dapat mempengaruhi gerakan leher.

3. Cedera atau Trauma

Cedera pada leher akibat kecelakaan, jatuh, atau benturan dapat menyebabkan nyeri. Contoh umum adalah whiplash, yaitu cedera pada leher akibat gerakan mendadak yang kuat, biasanya terjadi dalam kecelakaan mobil. 

Trauma ini bisa mengakibatkan ketegangan otot, peradangan, atau kerusakan pada struktur leher.

BACA JUGA:Waspada! Hindari Konsumsi Mie Instan Mentah Jika Tidak Ingin Terkena Dampak Berikut

Kategori :