Jangan Dulu Dibuang, Kenali 5 Manfaat Kulit Udang untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan

Selasa 03-09-2024,16:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Kandungan astaxanthin pada kulit udang juga diketahui bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Pasalnya astaxanthin dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan mengurangi peradangan kulit.

Selain itu, astaxanthin juga dapat meningkatkan elastisitas kulit dan membantu mengurangi tanda-tanda penuaan. Sementara itu, penelitian juga menunjukkan bahwa nutrisi pada kulit udang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat dan mencegah rambut rontok.

4. Menjaga kesehatan sendi 

Glukosamin merupakan senyawa yang sangat penting untuk kesehatan sendi dan tulang rawan. Hal ini berguna dalam menjaga kelenturan sendi dan dapat membantu mengurangi gejala osteoartritis. 

Salah satu manfaat kulit udang adalah kandungan glukosamin alaminya yang relatif tinggi. Dengan mengonsumsi kulit udang, Anda dapat menjaga kesehatan sendi dan mengurangi risiko masalah sendi akibat penuaan.

BACA JUGA:Inilah 5 Penyebab Kulit Kaki Kering yang Jarang Disadari

BACA JUGA:Kerap Kurang Diperhatikan, Berikut 9 Makanan yang Bantu Jaga Kesehatan Mata

5. Menjaga kesehatan jantung

Cangkang udang juga diketahui kaya akan senyawa yang menyehatkan jantung, termasuk omega-3 dan asam lemak tak jenuh. Menurut penelitian, omega-3 dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). 

Hal ini dapat membantu menjaga keseimbangan lipid dalam tubuh dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, kulit udang juga mengandung peptida bioaktif yang dapat membantu menstabilkan tekanan darah, sehingga meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

6. Baik untuk kesehatan otak

Cangkang udang diketahui mengandung kolin, nutrisi penting untuk kesehatan fungsi otak. Menurut penelitian, kolin berperan dalam pembentukan neurotransmiter dan membran sel otak, sehingga dapat membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. 

Dengan mengonsumsi kulit udang secara rutin, Anda dapat lebih mendukung kesehatan otak dan kemungkinan mengurangi risiko masalah kognitif terkait usia.

BACA JUGA:Tidak Ingin Diejek Karena Bau Badan? Simak 5 Bahan Alternatif Deodoran Alami yang Dapat Atasi Bau Badan

BACA JUGA:Ketahui 8 Manfaat Rebung Untuk Kesehatan, Bambu Muda yang Bisa Diolah dengan Berbagai Sajian

Itulah sejumlah manfaat kulit udang yang perlu Anda ketahui. Anda bisa mengolah kulit udang sebagai bahan membuat kaldu untuk campuran masakan di rumah. 

Kategori :