Jangan Dulu Dibuang, Kenali 5 Manfaat Kulit Udang untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan

Selasa 03-09-2024,16:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kulit udang, yang sering kali dianggap sebagai limbah dalam industri makanan, sebenarnya merupakan sumber yang berharga dengan berbagai manfaat yang mungkin belum banyak diketahui.

Sebagai sisa dari proses pengolahan udang, kulit ini kaya akan senyawa bioaktif dan nutrisi yang memiliki potensi besar dalam berbagai aplikasi, mulai dari kesehatan hingga lingkungan.

Dengan manfaatnya yang banyak, sebaiknya kalian jangan buang-buang kulit udang dan olahlah menjadi makanan atau bisa dicampur dengan masakan lainnya. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang manfaat kulit udang. 

1. Membantu meningkatkan fungsi pencernaan 

Cangkang udang kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Menurut penelitian, kulit udang mengandung serat, protein dan kalsium.

BACA JUGA:Minuman Ampuh untuk Menjaga Kesehatan Saat Pergantian Cuaca, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

BACA JUGA:Tidak Ingin Diejek Karena Bau Badan? Simak 5 Bahan Alternatif Deodoran Alami yang Dapat Atasi Bau Badan

Serat dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan menjaga kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan, sedangkan protein dan kalsium penting untuk menjaga kesehatan tulang dan memperkuat sistem imun tubuh.

Jadi, dengan menggunakan kulit udang, Anda bisa menambahkan nutrisi berharga ke dalam makanan Anda.

2. Anti inflamasi dan melawan radikal bebas

Cangkang udang mengandung senyawa anti inflamasi dan antioksidan yang kuat, termasuk astaxanthin. Menurut penelitian, astaxanthin merupakan senyawa yang memberi warna merah cerah pada kulit udang dan juga merupakan pigmen kuat dengan sifat anti inflamasi dan antioksidan. 

Hal ini dapat membantu tubuh melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berbagai penyakit kronis. Dengan mengonsumsi kulit udang, Anda dapat memberikan perlindungan tambahan pada tubuh Anda terhadap stres oksidatif dan peradangan.

BACA JUGA:Ketahui 8 Manfaat Rebung Untuk Kesehatan, Bambu Muda yang Bisa Diolah dengan Berbagai Sajian

BACA JUGA:Kenali Ragam Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

3. Baik untuk Kulit dan Rambut

Kategori :