Benarkah Tanda-tanda Kematian Bisa Dilihat? Berikut Penjelasan Buya Yahya

Minggu 01-09-2024,08:00 WIB
Reporter : Ari Apriko
Editor : Ari Apriko

BENGKULUEKSPRESS.COM- Setiap orang pasti akan menghadapi kematian, dan hanya Allah SWT yang mengetahui kapan, di mana, dan dalam kondisi apa kita akan meninggal. Ajal akan datang tanpa kita ketahui sebelumnya.

Kematian tidak mengenal usia dan tidak selalu disertai dengan sakit. Ada kalanya seseorang meninggal secara tiba-tiba meskipun secara kesehatan tampak baik-baik saja, karena semua itu merupakan kuasa Allah SWT.

Hal penting yang perlu dilakukan setiap Muslim adalah mempersiapkan diri sebelum kematian tiba dengan cara konsisten menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Teruslah beramal saleh sebagai bekal di akhirat.

BACA JUGA:Ternyata Sedekah di Waktu Ini Tak Diterima, Berikut Penjelasan Buya Yahya

BACA JUGA:3 Penyebab Utama Pintu Rezeki Tertutup, Buya Yahya Jelaskan Semua Terletak Pada Ini

Terkait dengan kematian, seorang jamaah Al Bahjah bertanya kepada KH Yahya Zainul Ma’arif, atau Buya Yahya, mengenai tanda-tanda kedatangan ajal.

Hal tersebut disampaikan Buya Yahya dalam suatu ceramah yang videonya diunggah oleh kanal Youtube Al-Bahjah TV.

"Mau bertanya Buya. Bagaimana mengetahui orang itu akan meninggal. Katanya, kalau orang mau meninggal suka keluar auranya. Bagaimana kita tahu dia itu sebentar lagi akan meninggal Buya?" tanya seorang jamaah kepada Buya Yahya.

Buya Yahya menjawab bahwa poin pertama adalah pentingnya mengedepankan prasangka baik terhadap Allah SWT.

Seorang Muslim tidak perlu menduga-duga kematian seseorang hanya berdasarkan tanda-tanda yang terlihat, seperti yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang.

"Karena biar pun ada tanda kematian, belum tentu mati," ungkap Buya Yahya.

Menurut Buya Yahya, tanda-tanda kematian seseorang baru dapat diketahui setelah orang tersebut meninggal. Meskipun seseorang mungkin mengetahui tanda-tanda kematian, tanda-tanda tersebut bisa berbeda dari satu orang ke orang lainnya.

BACA JUGA:Jangan Lalaikan 2 Waktu Istimewa Ini, Buya Yahya: Allah Akan Berikan Rezeki dan Ketenteraman

BACA JUGA:Sudah Melakukan Amalan Khusus, Namun Rezeki Masih Sempit, Ini Kata Buya Yahya

"Oh sebelum mati aku melihat begini, ada tanda begini, tapi ternyata ada tanda dilihat tapi gak mati-mati. Jadi gak perlu lah (menduga orang akan meninggal karena melihat tanda-tandanya)," terang Buya Yahya.

Kategori :